Pages

Sunday, August 21, 2011

Home » » Like Face Book Diblokir Jerman

Like Face Book Diblokir Jerman


kemajuan jaringan sosial yakni Face book ternyata dibenci oleh sebagian negara seperti salah satu negara, yakni bagian negara Jerman memblokir tombol 'like' di Facebook yang disimbolkan dengan gambar jempol. Apa yang alasan pemblokiran itu?

Ternyata dengan tombol 'like'nya tersebut, Facebook dianggap melanggar hukum perlindungan data yang ada di Jerman. Akibatnya, Jerman memberikan perintah pada semua situs yang ada di negara bagian Schleswig-Holstein untuk meniadakan tombol 'like' dari Facebook page mereka hal ini disebabkan melanggar aturan privasi di negera itu.

Para pemilik situs diberi batas waktu sampai 30 September untuk penghapusan tersebut. "Semua institusi di Schleswig-Holstein harus menutup fan page Facebook mereka dan menghapus plug-in sosial seperti tombol 'like' dari situsnya," demikian pernyataan resmi dari German Data Protection Commissioner, seperti dikutip detikINET dari PCMag, Minggu (21/8/2011).

Dikatakan oleh penguasa Jerman, Facebook telah mengumpulkan informasi penggunanya yang didapat dari data tombol 'like' dan hal ini dianggap menyalahi aturan karena dianggap privasi dan dilanggar oleh face book. Di lain pihak Facebook mengatakan bahwa tombol 'like' hanya mengumpulkan alamat IP dari non-user dan informasi ini akan dihapus setelah 90 hari.

Isu mengenai privasi bukanlah yang pertama kalinya mendera Facebook, apalagi di Jerman yang memiliki aturan lebih ketat daripada Amerika. Sebelumnya, Facebook juga mendapat paksaan dari penguasa Jerman di Hamburg untuk meniadakan fitur pengenal wajahnya.