Pages

Tuesday, July 2, 2013

Home » » Pulau Karimata, Raja Ampat Kalbar

Pulau Karimata, Raja Ampat Kalbar

Beberapa kalangan menyatakan Pulau Karimata seperti Raja Ampat Kalbar, pernyataan itu sering kali diungkapkan para penyelam yang sering melakukan kegiatan di Pulau Karimata, Kabupaten Kayong utara.

Pernyataan Pulau Karimata seperti Raja Ampat wajar saja karena di kawasan itu sangat menarik untuk dijadikan lokasi wisata bawah air karena aneka terumbu karang yang beraneka ragam dan banyaknya jenis ikan dengan beragam spesies.

Sebagai lokasi wisata bawah air yang menarik di Kalbar, para penyelam yang tergabung dalam INHASA Diving Club melakukan pemetaan atau pendataan kekayaan alam bawah air di kawasan Pulau Karimata.

Hasil pemetaan atau pendataan di lokasi Pulau Karimata atau yang dikenal dengan Raja Ampat Kalbar itu ditemukan seratus lebih jenis terumbu karang dengan beragam bentuk dan jenis. Selain itu, para penyelam yang tergabung dalam INHASA Diving Club juga menemukan ratusan jenis ikan dengan beragam spesies yang jarang ditemukan di pulau-pulau lainnya di Kalbar.
Salah satu keistimewaan di Pulau Karimata, Kabupaten Kayong utara yakni kondisi air yang sangat jernih sehingga membuat para penyelam bisa menikmati keindahan terumbu karang yang indah karena jarak pandang bisa mencapai puluhan meter.

Keindahan Pulau Karimata memang tidak diragukan lagi, namun sangat disayangkan kurangnya perhatian pemerintah untuk menjadikan pulau yang kaya terumbu karang serta jenis ikan ini dalam hal pengelolaannya.

Selain itu juga sangat disayangkan bahwa promosi keindahan Pulau Karimata tidak dilakukan secara maksimal sehingga mengakibatkan pulau yang indah di Kalbar ini kurang diketahui oleh masyarakat umum khususnya para penghobby wisata bawah air.

Kondisi yang sangat membuat prihatin yakni masih ditemukannya aktivitas pengeboman dan peracunan ikan yang dilakukan oleh para nelayan yang tidak menyadari betapa aktivitas itu bisa menimbulkan dampak matinya terumbu karang dan punahnya spesies ikan di kawasan Pulau Karimata.

Untuk itu peran aparat sangat diharapkan untuk menindak para pelaku pengeboman dan peracunan ikan karena apabila kondisi tersebut tetap dibiarkan maka menimbulkan kerugian bagi para nelayan dan kelestarian ekosistem di kawasan Pulau Karimata.

Info lain:
Club Inhasa Berupaya Promosikan Wisata Bawah Air Kalbar
Olahraga Selam Di Kalbar Mulai Diminati
Kalbar Kaya Potensi Wisata Bawah Air
Pulau Terluar Kalbar Rentan Dicaplok Negara Tetangga






0 comments: