Pages

Friday, September 9, 2011

Home » » Keindahan Sungai Kapuas dan Meriam Karbit, Pontianak Kalbar

Keindahan Sungai Kapuas dan Meriam Karbit, Pontianak Kalbar


Sungai kapuas merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang 1100 km yang bermuara kelaut cina selatan.

Salah satu keistimewaan sungai kapuas ini adalah kehidupan penduduknya yang berada di sepanjang sungai.


Sungai kapuas menjadi salah satu vital kehidupan masyarakat karena ketergantungan air sungai itu seperti untuk mencuci pakaian, mandi serta sebagai mata pencarian yang dipergunakan untuk tempat memelihara ikan tambak.

Hal yang sangat menarik sungai kapuas ini adalah sebagai pusat ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan transportasi air sebagai sarana vital hingga sekarang untuk mengangkut sembako kedaerah pedalaman melalui transportasi air.

Sungai Kapuas pun memiliki mitos, bagi pengunjung apabila datang di Kota Pontianak dan meminum air sungai kapuas diyakini akan datang kembali karena tidak bisa melupakan kota yang menjadi ibukota provinsi Kalbar ini.


Salah satu wisata sungai kapuas yang terkenal adalah saat malam lebaran idul fitri digelarnya festival meriam karbit yang merupakan wisata andalan kota pontianak.

Permainan yang merupakan hiburan meriam karbit yang dilakukan masyarakat tepian sungai kapuas ini merupakan legenda asal mula berdirinya Kota Pontianak saat Sultan Abdurahman alkadrie ingin mendirikan masjid jami yang merupakan cikal bakal berdirinya kraton kadariah pada tahun 1771 M yang terletak dipertigaan sungai kapuas dan sungai landak tepatnya di kampung dalam, kecamatan pontianak timur.


Pemerintah Kota pontianak merupaya menjadikan sungai kapuas sebagai tempat wisata dengan memperindah taman alun-alun kapuas yang berada tepat di depan kantor Walikota Pontianak dengan membangun air mancur dan sarana penunjang lainnya.

Selain itu apabila pengunjung ingin melihat keindahan sungai kapuas maka bisa melakukan dengan menyewa sampan atau speed bot dengan harga yang berfariasi, atau bisa juga memanfaatkan kapal wisata lancang kuning.


Hingga kini pemerintah kota pontianak terus melakukan pembenahan agar sungai kapuas bisa menjadi wisata andalan dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan sungai dengan cara menghimbau masyarakat tepian sungai kapuas agar tidak membuang sampah kesungai.

Rencananya pemerintah Kota POntianak akan mengagendakan moment festival meriam karbit 2 tahunan yang akan digelar di tepian sungai kapuas, rencana ini merupakan salah satu upaya untuk menarik para wisatawan lokal dan mancanegara.

Bagi kalangan photografer maka bisa memanfaatkan momen festival meriam karbit sebagai objek yang menarik.