Pages

Monday, September 26, 2011

Home » » Boeing 787 Dreamliner Gunakan Sistem Android

Boeing 787 Dreamliner Gunakan Sistem Android


Berbagai cara para pelaku bisnis terutama dalam menawarkan jasa dengan cara memberikan pelayanan dan hiburan yang istimewa. ternyata kemajuan teknologi menjadi peran penting dalam mendukung suatu peningkatan bisnis.

Beberapa waktu yang lalu beberapa maskapai penerbangan di Amerika Serikat diizinkan mengganti manual penerbangan mereka dengan iPad, seperti printed manuals, safety checklists, logbooks, navigation charts, informasi cuaca, dan airport diagrams.

Tampaknya keberhasilan iPad tersebut kini diikuti oleh Android. Perangkat lunak dari Google yang umumnya digunakan di smartphone dan tablet itu dipilih oleh Boeing untuk menjadi platform hiburan di dalam pesawat (in flight) pada pesawat masa depan seri 787 Dreamliner yang kini telah diproduksi untuk mendukung penerbangan yang saat ini diakui berbagai kalangan cukup mengagumkan.

Dilaporkan oleh Australian Business Traveller, Mark Larson, manajer teknik Galeri Boeing Dreamliner, semua Boeing 787 yang sekarang dalam proses produksi akan dilengkapi dengan server berbasis Android dan layar sentuh. Semua 787 Dreamliner yang sedang dikonfigurasi sekarang bisa mendapatkan Android sebagai sistem hiburan di dalam pesawat.

Untuk kelas bisnis dan eksekutif, sistem hiburan berbasis Android tidak akan menggunakan layar sentuh karena layar yang sangat lebar dan jauh dari jangkauan penumpang. Sebagai gantinya digunakan sensor gerak sederhana dari tangan sehingga bisa mengontrol sistem hiburan tersebut. Bagi kelas ekonomi panel layar sentuh ini diletakkan di belakang kursi dengan sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan dengan layar sentuh yang ada saat ini.

Perangkat hiburan layar sentuhnya akan disediakan Thales dan Panasonic yang telah mendapat sertifikat perangkat hiburan dalam pesawat tersebut. Kedua perusahaan ini juga akan menjadi pemasok server siap pakai. Kedua perusahaan ini juga akan menyediakan layar mulai dari 7 inci sampai dengan 17 inci. Boeing 787 Dreamliner juga memberikan tempat bagi konektivitas dengan menyediakan soket laptop dan USB port untuk kelas ekonomi.

Boeing 787 Dreamliner merupakan pesawat berbadan sedang yang mampu membawa penumpang sebanyak 200 sampai 350 orang, tergantung konfigurasi tempat duduk. Boeing 787 Dreamliner diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan pesawat Boeing generasi sebelumnya. Menurut Wikipedia, pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 1.000 dan mesin General Electric GEnx 2B-12 yang inovatif. Pesawat ini juga mempunyai radar Honeywell versi terbaru yang dirancang untuk memantau cuaca di depan pesawat dengan jarak 100.000 meter (100 km).

Bagi anda yang masih pensaran tunggu saja anda menjadi penumpangnya setelah diluncurkan pesawat boing itu dan anda akan menikmati suasana itu sehingga tidak ingin cepat meninggalkan pesawat.