Pages

Wednesday, July 27, 2011

Home » » Pesona Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar

Pesona Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar


Pulau Karimata terletak di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia yang merupakan salah satu pulau yang miliki pesona di Indonesia karena keindahan pantainya dan bisa dijadikan sarana untuk olahraga selam.

Pulau Karimata memiliki ekosistem yang menakjubkan seperti mangrove dan hutan tropis, selain itu Populasi burung walet yang cukup banyak menjadikan kepulauan ini salah satu sumber pencarian sarang burung walet. Namun populasi burung itu telah berkurang drastis karena penangkapan berlebihan oleh orang-orang di luar Kepulauan Karimata.

Gugusan Kepulauan Karimata yang terletak di Kabupaten KAYONG UTARA untuk pertama kalinya ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 1981 dengan luas 77.000 ha, keberadaan status dan luas Cagar Alam ini juga dikuatkan oleh Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 575/Kpts./Um/10/1982 tanggal 12 Oktober 1982 (Rencana Tata Guna Hutan Propinsi Kalimantan Barat). Kemudian pada tanggal 27 Desember 1985, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 381/Kpts – II/1985 Cagar Alam Kepulauan Karimata ditunjuk sebagai Cagar Alam Laut dengan luas 77.000 ha.

Gugusan kepulauan Karimata terdiri dari dua pulau besar yaitu pulau Karimata dan Pulau Serutu serta sembilan pulau kecil lainnya yang diantaranya adalah Pulau Pelapis Kelawar dan Pulau Pelapis Tengah. Kondisi topografi kawasan ini berupa dataran rendah sampai dengan tinggi yaitu dari 0 – 1030 m di atas permukaan laut.

Apabila anda ingin mengunjungi Pulau karimata dari IbuKota Kabupaten kayong Utara, Sukadana maka anda mesti menggunakan transportasi air dan mesti membayar biaya speed bot.
Rencananya pemerintah Kabupaten Kayong akan memfasilitasi transportasi menuju pulau indah itu dengan menyediakan kapal khusus guna mempermudahkan para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pulau karimata.

Data Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mencatat bahwa keanekaragaman satwa laut di Pulau Karimata cukup menakjubkan, selain itu terumbu karang yang menawan bagi para penggemar olahraga selam, namun hingga kini belum adanya fasilitas penunjang pulau Karimata itu.

Beberapa para pengunjung Pulau Karimata mengatakan ia sangat kagum akan keindahan Pulau karimata yang berada di Kabupaten Kayong Utara itu, namun sulitnya transportasi menuju pulau karimata menjadi kendala utama.

0 comments: