Pages

Sunday, July 31, 2011

Home » » Kereta Api Indonesia Menyediakan Layanan Wi-Fi

Kereta Api Indonesia Menyediakan Layanan Wi-Fi


Kemajuan teknologi memang saat ini menjadi tren, setiap orang seakan tidak ingin ketinggalan menikmati teknologi seperti memanfaatkan internet dimana pun mereka berada.

Para penumpang kereta api yang suka akan dunia maya tak perlu khawatir aktivitasnya terhambat jika menggunakan modal transportasi kereta api karena kini kereta api Indonesia menyediakan layanan Wi-Fi.

Berupaya memanjakan para penumpangnya, kini PT. Kereta Api Indonesia menyediakan layanan Wi-Fi di gerbong kereta Argo Anggrek yang mulai beroperasi bulan Agustus 2011. "Jadi, tak perlu khawatir terjadi blank spot," kata Direktur Komersial PT Kereta Api, Sulistyo Wimbo Hardjito, di Stasiun Gambir, jakarta.

Kereta Argo Bromo Anggrek yang berjalan dari Jakarta-Surabaya-Jakarta ini setiap harinya mengangkut 400 penumpang. Sulistyo mengatakan tidak ada perbedaan harga tiket antara kereta ber-Wi-Fi ini dengan Argo Anggrek biasa yang harga tertingginya mencapai Rp 650 ribu.

Untuk menghadirkan layanan Internet di gerbong kereta ini, PT Kereta Api menjalin kerjasama dengan PT. XL Axiata atau dikenal sebagai operator selular XL. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan ide untuk menyediakan Wi-Fi di kereta ini berasal dari Jepang yang merupakan kiblatnya teknologi di Asia.

"Di Jepang orang yang naik kereta api jarang yang tidur," kata Hasnul. Selama perjalanan, mereka biasanya menggunakan telepon selular dan laptop untuk melakukan komunikasi melalui Internet".

Selain menyediakan layanan Internet gratis, PT Kereta Api juga memasang colokan listrik di setiap gerbong supaya penumpang bisa mengisi baterai ponsel atau komputer jinjing mereka. Adapun di area stasiun, PT Kereta Api dan XL menempatkan telepon umum gratis.

Dikatakan, saat ini baru enam stasiun kereta yang memiliki telepon umum gratis, yakni Gambir Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Sulistyo menambahkan, kerjasama yang telah dirintis PT Kereta Api dan XL selama ini antara lain penyediakan layanan solusi telekomunikasi dan data bagi PT Kereta Api serta sewa lahan untuk keperluan infrastruktur jaringan.

Untuk perkembangan selanjutnya kita tunggu saja Bus angkutan penumpang memasang Wi-Fi, kondisi ini semakin seru apabila para perusahaan penerbangan Indonesia menyediakan layanan internet gratis saat dalam pesawat.

0 comments: