Pages

Saturday, August 3, 2013

Home » » Festival Tanglong & Keriang Bandong Sungai Kapuas Pontianak 2013 Sukses

Festival Tanglong & Keriang Bandong Sungai Kapuas Pontianak 2013 Sukses

Pelaksanaan kegiatan festival tanglong dan keriang bandong sungai kapuas Pontianak 2013 ini dipusatkan di Taman Alun-alun Kapuas atau persis di depan kantor Walikota Pontianak (4/8/2013). Dibuka secara langsung Kepala Dinas Pariwisata Kota Pontianak, Hilfira Hamid beserta Istri Walikota Pontianak, Hj.Lismaryani Sutarmidji yang dihadiri ribuan warga Kota Pontianak.

Kegiatan kali pertama ini bertujuan membangkitkan kreasi budaya melayu agar masyarakat Kota Pontianak khususnya generasi muda lebih mengenal budaya melayu sehingga mencintai budaya melayu dibandingkan budaya luar.

Pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Kota Pontianak hanya disuguhkan tradisi festival meriam Karbit, namun pada tahun 2013 ternyata festival tanglong dan keriang bandong sangat mendapatkan apresiasi masyarakat Kota Pontianak dan beberapa warga yang berasal dari Kabupaten-Kota di Kalbar.

Ketua Panitia festival tanglong dan keriang bandong sungai kapuas 2013, Gusti Hendra Lahmudin mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya melayu di Kota Pontianak, khususnya pada bulan Ramdhan.

Tanglong dan keriang bandong memang menjadi tradisi masyarakat pada bulan ramadhan, namun diakui bahwa tradisi ini belum dikemas secara menarik sebagai wujud untuk melestarikan budaya melayu dalam kehidupan masyarakat khususnya di Kota Pontianak sebagai wujud pelestarian budaya.

Dengan kegiatan yang berlangsung semarak tersebut diharapkan pula menjadi magnet masyarakat untuk selalu mencintai budaya melayu dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun internasional agar berkunjung ke sungai kapuas kota Pontianak sambil menikmati keindahan sungai kapuas pada malam hari.

Rencananya kegiatan festival ini akan berlangsung hingga tanggal 7 Agustus 2013 dan masyarakat yang ingin menyaksikan kemeriahan festival tanglong dan keriang bandong bisa memanfaatkan jasa para pemilik perahu yang ada di sungai kapuas dengan harga yang terjangkau dan dipastikan sangat berkesan karena festival ini jarang ditemui di daerah lain.

Kegiatan festival tanglong dan keriang bandong ini rencananya akan menjadi agenda tahunan yang berlangsung pada bulan Ramadhan yang didukung secara langsung pemerintah Kota Pontianak.

Info lain:
KARNAVAL TANGLONG DAN KERIANG BANDONG MERIAHKAN RAMADHAN 2013 DI KOTA PONTIANAK DAN MEMPAWAHSOTONG PANGKONG, WISATA KULINER RAMADHAN DI PONTIANAKPAMERAN PHOTO RAGAM BUDAYA DALAM LENSA 2012PAWAI BUDAYA DI KOTA PONTIANAK DISAKSIKAN RIBUAN WARGA



0 comments: