Pages

Wednesday, November 23, 2011

Home » » Perananan ilmu jurnalis kegiatan pencinta alam

Perananan ilmu jurnalis kegiatan pencinta alam


Ilmu jurnalis ternyata bagian yang tidak dipisahkan dalam mendukung kegiatan pencinta alam seperti saat melakukan pendakian atau melakukan kegiatan ekspedisi panjat tebing dan berbagai hal terkait kegiatan yang akan dilakukan.

Pertanyaan yang sangat mendasasar yakni apa sih pentingnya ilmu jurnalis bagi pencinta alam???

Jawabannya adalah bahwa ilmu jurnalis merupakan hal yang sangat penting karena setiap anggota pencinta alam yang melakukan kegiatan akan dapat melaporkan perjalanan atau kegiatan yang dilakukan dengan membuat tulisan perjalanan sehingga bisa dimuat di berbagai media, seperti media cetak dan media elektronik ( televisi dan Radio), untuk laporan kegiatan itu haruslah memenuhi unsur standarisasi jurnalis minimal 5W + 1H.

Fungsi untuk menguasai ilmu jurnalis sangat besar sekali karena apabila laporan perjalanan atau kegiatan yang dilakukan dan bisa diterbitkan atau disiarkan di televisi maupun radio maka kegiatan itu bernilai sangat luar biasa, karena tidak akan mungkin wartawan bisa ikut dalam kegiatan ekspedisi pendakian gunung karena keterbatasan waktu oleh wartawan itu sendiri.

Beberapa kelompok pencinta alam seperti mapala seringkali meremehkan ilmu jurnalis pada anggotanya sehingga kegiatan yang mereka lakukan sangat jarang dan bahkan tidak pernah dimuat di media atau siar di televisi, hal ini menyebabkan orang lain tidak mengetahui kegiatan yang mereka lakukan.

Pada artikel kali ini, penulis hanya bisa menghimbau agar setiap kelompok pencinta alam dan mapala di Indonesia wajib memberikan keterampilan ilmu jurnalis kepada anggotanya. Selain itu Ilmu photografi dan audio visual juga sangat penting karena selain berfungis sebagai dokumentasi kegiatan, foto atau video itu bisa untuk disebarkan kepada media yang ada agar bisa diterbitkan dan bisa disiarkan.

Beruntunglah anda apabila sebagai anggota kelompok pencinta alam karena bisa melakukan perjalanan ketempat yang tidak semua orang bisa melakukannya karena keterbatasan waktu. Dipastikan dengan ilmu jurnalis yang ada maka anda bisa membagi informasi kepada semua orang dan serta turut mempromosikan kegiatan anda sendiri.

Patut diketahui bahwa dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi sekarang ini, dunia maya seperti blog atau situs sangat ideal sebagai media untuk mempublikasikan kepada semua orang tentang kegiatan yang kita lakukan. Penulisan kegiatan itu bisa saja dilakukan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disisipi foto atau video tentang kegiatan yang dilakukan sehingga lebih menarik.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi para pencinta alam dan hoby akan dunia petulang. Selamat mengkreasikan dan mempublikasikan kegiatan anda.

Berita terkait:
8 Langkah Sebelum Memotret
Perananan ilmu jurnalis kegiatan pencinta alam
Still Life Photography Bagi Pemula

0 comments: