Pages

Friday, June 17, 2011

Home » » Tebing Kelam sintang Lokasi Pemanjatan Strategis

Tebing Kelam sintang Lokasi Pemanjatan Strategis


Tebing Kelam memiliki ketinggian 750 Mpdl yang lokasinya berada di Kabupaten Sintang, Kalbar. Tebing Kelam atau yang dikenal dengan Bukit Kelam ini memiliki legenda atau cerita turun-temurun hingga sekarang.
Legenda itu diabadikan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan membuat tugu yang lokasinya terletak di persimpangan jalan protokol di kabupaten itu.
LOkasi Tebing batu ini dapat ditempuh sekitar 8 jam dengan transportasi darat dari dari Kota Pontianak.
Tebing Kelam adalah salah satu dari 7 kekayaan alam Kalbar yang merupakan lokasi strategis untuk para pegiat alam bebas yakni para penghoby panjat tebing karena selain meyajikan pemandangan yang indah, tebing kelam juga menawarkan tantangan bagi para pemanjat, hal ini dikarenakan batu tebing kelam jenis batu semi gramit.
beberapa kelompok pencinta alam, salah satunya anggota wanadri pada tahun 2002 dengan melibatkan kalangan mapala se-kalbar melakukan pemanjatan tebing kelam dan membuat jalur tersendiri pemanjatan dengan memakan waktu sekitar 14 hari.
Apabila ingin melakukan pemanjatan di tebing kelam sintang ini bisa melakukan pemanjatan dari berbagai jalur pemanjatan karena setiap sisi tebing memiliki tantangan yang berbeda.
Selain sebagai lokasi strategis pemanjatan juga lokasi ini menawarkan suasana alam yang menakjubkan karena kita bisa menyaksikan ribuan burung walet yang terbang pada sore hari masuk ke dalam goa dibagian tengah tebing.

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

0 comments: