Pages

Wednesday, June 29, 2011

Home » » Tersangka Pembobol PSN Diamankan Polisi Spanyol

Tersangka Pembobol PSN Diamankan Polisi Spanyol


Pihak kepolisian Spanyol mengklaim telah meringkus tiga anggota grup hacker Anonymous, yang disinyalir terlibat dalam pembobolan sistem keamanan PlayStation Network (PSN) milik Sony.

Menurut akun Twitter resmi satuan kepolisian Negeri Matador, penangkapan itu bermula dari bocornya rencana penyerangan terhadap situs Central Electoral Board Spanyol. Pihak kepolisian kabarnya telah memposting gambar chat log IRC yang membeberkan detil rencana untuk menyerang sejumlah situs, termasuk situs kepolisian sendiri.

The Next Web, Sabtu (11/6/2011), melansir bahwa ketiga tersangka diduga kuat terlibat dalam pembobolan layanan PSN, serta sejumlah serangan terhadap pemerintah Mesir, Chile, Iran dan Kolombia.

Penangkapan itu dilakukan di tiga kota Spanyol, Barcelona, Alicante dan Almeria hanya beberapa saat setelah NATO menyatakan komitmennya untuk menindak tegas para pelaku cyber crime, termasuk Anonymous.

Serangan terhadap PSN memaksa Sony menutup layanan tersebut sehingga para pengguna PlayStation 3 tidak bisa memainkan perangkat mereka sambil terhubung ke internet. Baru-baru ini, Sony juga mengaku bahwa pelaku serangan itu telah mencuri ribuan data pengguna, mulai dari tanggal lahir, username, hingga password.

Diperkirakan, jebolnya akses PSN menyebabkan kebocoran data pribadi sekira 77 juta akun dalam layanan online tersebut.

0 comments: