Pages

Monday, June 3, 2013

Home » » Uranium Kalbar Terbesar di Indonesia

Uranium Kalbar Terbesar di Indonesia


Cadangan Uranium di kabupaten Melawi, Kalbar merupakan cadangan uranium terbesar di Indonesia selain di Papua dan Bangka Belitung.

Saat ini Indonesia diperkirakan memiliki cadangan uranium sebesar 70.000 ton dan terbesar berada di kabupaten Melawi tepatnya di desa sungai Kalan, Kecamatan Ella Hilir yang diperkirakan sebanyak 29.000 ton, sementara itu di Bangka Belitung diperkirakan sebesar 24.000 ton, sedangkan di Papua hingga kini belum ada rincian jelas berapa jumlah cadangan uranium di provinsi itu karena sebagian cadangan uranium tersebut diduga berada di kawasan pertambangan yang dikelola oleh PT.Preeport.

Cadangan uranium yang berada di Indonesia itu merupakan bukti betapa kayanya negara ini, namun sangat disayangkan pemerintah dinilai mengabaikan kakayaan yang tersedia tersebut tanpa melakukan pengelolaan seperti yang dilakukan oleh negara jepang sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Apabila pemerintah bijak maka diyakini kebutuhan listrik negara tidak terjadi masalah karena kebutuhan tersebut mampu disublai hanya dari cadangan uranium yang berada di kabupaten Melawi, Kalbar hingga 145 tahun kedepan.

Beberapa informasi menyatakan bahwa cadangan uranium yang berada di kabupaten Melawi, Kalbar itu dilirik beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Prancis dan India. Bahkan informasi terbaru malah dilirik oleh negara China.

Semoga pemerintah mampu bijak dalam mengelola cadangan uranium negara ini demi mensejahterakan rakyat dan kemajuan negara.

0 comments: