Pages

Saturday, May 25, 2013

Home » » Kalbar Target Tuan Rumah PON XX tahun 2020 Jangan Hanya Wacana

Kalbar Target Tuan Rumah PON XX tahun 2020 Jangan Hanya Wacana


Keinginan KONI Kalbar dan pemerintah provinsi mengincar sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-XX pada tahun 2020 mendatang memang patut diacungkan jempol, hal ini merupakan niat baik untuk merangsang prestasi olahraga Kalbar pada tingkat nasional dan internasional.

Bahkan pada pelaksanaan PON ke-XVIII lalu di Pekan Baru, Riau prestasi para atlet kalbar naik, sebelumnya berada pada posisi 21 menjadi peringkat ke 16. Prestasi itu sangat membanggakan bagi masyarakat kalbar karena secara otomatis mengharumkan nama daerah pada event terakbar tingkat nasional tersebut.

masyarakat Kalbar hingga kini berharap kepada keseriusan KONI Kalbar dan pemerintah provinsi agar bisa menjadi tuan rumah, namun niat baik untuk menjadi tuan rumah PON ke-XX mendatang itu bukan hanya sekedar wacana saja tapi harus benar-benar diwujudkan.

Wacana sebagai tuan rumah PON ke-XX pada tahun 2020 mendatang itu sebelumnya dicetuskan saat digelarnya pelaksanaan Musyawarah Olahraga Provinsi Kalbar yang berlangsung pada tanggal 24 Mei 2013 di salah satu hotel berbintang di Kota Pontianak.

Wakil Ketua Sekjen KONI Pusat, Brigjen TNI Endang Sondak mengatakan bahwa setiap provinsi berpeluang menjadi tuan rumah pada pelaksanaan PON ke-XX yang direncanakan pada tahun 2020 mendatang.

Dikatakan bahwa Kalbar bisa saja menjadi tuan rumah pelaksanaan event olahraga terbesar di Indonesia itu asalkan saja harus memenuhi prasyarat seperti kelengkapan sarana dan prasarana pada pelaksanaan cabor yang dipertandingkan.

kelengkapan sarana atau fasilitas olahraga merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi karena menyangkut sukses atau tidaknya kegiatan.

Selain itu, KONI Kalbar dan Pemerintah Provinsi harus mempersiapkan infrastruktur pendukung seperti jalan dan penginapan bagi para atlet yang mengikuti PON.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kalbar, Sy.Machmud Alkadrie menyatakan keinginan pelaksanaan PON XX pada tahun 2020 di Kalbar yakni agar mendongkrak prestasi atlet daerah agar terus meningkat sehingga mengharumkan nama daerah pada tingkat nasional dan internasional.

Selain itu, apabila terwujud menjadi tuan rumah PON XX mendatang maka akan berdampak luas pada peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah serta Kalbar lebih di kenal oleh masyarakat luas.

Sy.Machmud Alkadrie mengungkapkan terkait prasyarat sebagai tuan rumah PON XX itu, pihaknya telah membicarakan dengan pemerintah provinsi agar pembangunan "sport center" yang berada di Ambawang, Kabupaten Kubu raya segera direalisasikan.

Di kawasan sport center itu akan dibangun semua fasilitas olahraga dengan anggaran biaya sebesar 5,2 T yang dialokasikan dari dana APBD dan bantuan APBN.

Info terkait
Atlet PON Asal Kalbar Tiba di Pekan Baru
Rico Herman Persembahkan Emas Cabor Biliar
Wartawan PON Ke-XVIII Riau Dimanjakan panitia







0 comments: