Pages

Thursday, October 27, 2011

Home » » Mari Dukung Pulau Komodo Keajaiban Dunia

Mari Dukung Pulau Komodo Keajaiban Dunia


Pulau komodo yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu kandidat sebagai keajaiban dunia dan termasuk 28 finalis lainnya yang bersaing sebagai pemenang dalam pengumuman oleh Yayasan New 7 Wonders Foundation 11 November 2011 mendatang di Zurich, Swiss.

Pulau komodo merupakan perwakilan Indonesia sebagai keajaiban dunia menggantikan Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah yang sebelumnya ditetapkan sebagai satu diantara 7 keajaiban dunia. Pasca terjadinya gempa mengakibatkan struktur bangunan Candi Borobudur mengalami kerusakan parah dan mengakibatkan Candi Borobudur pendinggalan bersejarah zaman kerajaan di Indonesia itu tidak lagi termasuk salah satu 7 keajaiban dunia.

Pemberian nama pulau Komodo pertama kali diperkenalkan pada tahun 1910 oleh Belanda yang saat itu menjajah Indonesia, Pasukan tempur Belanda melihat kumpulan binatang naga yang menyerupai monster disebelah selatan, daerah kepulauan di Nusa Tenggara Timur.

Kemudian sejak pertama kali foto komodo dipublikasikan pemerintah Belanda pada tahun 1912, pulau komodo mulai ramai didatangi baik oleh peneliti misionaris maupun para wisatawan asal negara yang terkenal dengan negara kincir angin itu. Menyadari akan keistimewaan pulau komodo sebagai hewan langka, pemerintah Kolonial Belanda melarang perburuan maupun pembunuhan kadal terbesar di dunia ini.

Sesuai nama aslinya, pulau komodo merupakan habitat asli komodo (Varanus Komodosiensis) Kemudian pada tahun 1980 pemerintah Indonesia menetapkan pulau komodo sebagai kawasan taman nasional yang bertujuan untuk menjaga pelestarian komodo agar tidak punah. Enam tahun kemudian, Unisco menetapkan taman nasional Komodo sebagai warisan dunia dengan total luas daratan mencapai 1.817 Km2.

Diperkirakan populasi binatang reptile itu berjumlah lebih dari 4000 ekor berada di pulau komodo. Komodo di pulau itu memiliki panjang dengan rata-rata mencapai 3,13 meter dan beratnya mencapai 165 Kg.

Selain sebagai pulau yang banyak dihuni komodo itu, pulau yang dikenal dengan nama binatang itu menyajikan pemandangan indah dengan gugusan pulau-pulau sehingga menjadikan pulau itu semakin menarik untuk dikunjungi.

Menurut petugas jaga taman nasional pulau komodo, waktu terbaik berkunjung ke pulau komodo adalah antara bulan Mei hingga Agustus. Pada bulan itu para pengunjung dapat menyaksikan berbagai aktifitas komodo, mulai dari perkawinan komodo hingga suasana proses komodo memakan binatang lainnya seperti rusa serta suasana komodo sedang berjemur di jalan.

Pulau Komodo terletak di pulau ujung provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk dapat mencapai pulau ini dapat dilakukan dengan transportasi udara sekitar 2 jam lebih dari Jakarta dan mendarat di Bandara komodo Labuan Bajo. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan transportasi air atau speed boot menuju pulau komodo selama 1 jam perjalanan.

Hingga kini Pulau komodo berhasil menjadi nominasi finalis keajaiban dunia dan berhasil menyisihkan lebih dari 400 keajaiban alam lainnya dari 220 negara. Komodo merupakan binatang yang luar biasa, kadal terbesar di dunia ini termasuk keluarga dinosaurus telah hidup lebih dari 40 juta tahun dan sudah melewati 33 kali perubahan iklim.

Di Indonesia, komodo sudah menetap selama 3,8 juta tahun. Menurut penelitian, hewan karivora ini dapat bertahan hidup karena komodo dipuncak rantai makanan atau top predator dan akibat keseimbangan alam yang hingga kini masih terjaga.

Mewujudkan agar pulau komodo sebagai pemenang dalam keajaiban dunia itu harus mendapat dukungan dari segenap lapisan masyarakat dan pemerintah. Dukungan itu dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan mengetik “KOMODO” kirim ke 9818 dengan tarif hanya 1 rupiah saja, yang pasti biaya SMS untuk memberikan dukungan itu tidak lah mahal.

Hingga saat ini dukungan untuk pulau komodo menjadi pemenang dalam keajaiban dunia baru mencapai 36 juta suara dan memerlukan penambahan dukungan suara yang saat ini masih kurang sekitar 30 juta suara.

Pasca pulau komodo menjadi finalis keajaiban dunia ternyata berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan baik yang datang dari luar negeri maupun dari wisatawan lokal yang naik signifikan sebesar 10 kali lipat dengan jumlah 32.354 orang. Sedangkan untuk kunjungan Wisatawan Nusantara tercatat 4.145 naik dari periode tahun 2010 yang hanya 2.955 orang.

Untuk mewujudkan sebagai pemenang juga datang dari kalangan artis seperti Band papan atas Indonesia yakni SLANK, para personil Slank itu berkomitmen dengan terus mengkampanyekan dukungan agar pulau komodo sebagai pemenang karena pulau komodo merupakan salah satu kebanggaan Indonesia.

Dari beberapa pihak menyatakan apabila pulau komodo berhasil sebagai pemenang sebagai keajaiban dunia maka secara langsung meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat flores dan akan meningkatkan pula pendapatan Negara karena banyaknya turis mancanegara yang memilih lokasi pulau komodo sebagai tempat alternatif liburan mereka, bahkan pulau komodo akan menjadi alternative liburan strategis di Indonesia selain pulau Bali yang saat ini telah terkenal di dunia.

Mari menggalang dukungan untuk pulau komodo sebagai keajaiban dunia, jangan lupa kirim SMS dengan mengetik KOMODO kirim ke 9818. Semoga kekurangan dukungan sebesar 30 juta sukses terpenuhi karena dukungan kita merupakan penghargaan yang cukup besar demi negara ini.