Pages

Tuesday, October 25, 2011

Home » » Keunikan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK)

Keunikan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK)


Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar ini memiliki luas area 800.000 hektar yang memiliki peranan penting sebagai sistem perlindungan kehidupan ekosistem di Pulau Kalimantan karena merupakan kawasan taman nasional yang terbesar ke-dua yang ada di Pulau Kalimantan setelah Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) di Provinsi Kalimantan Timur.

Keadaan Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan perbukitan yang dihiasi berbagai vegetasi khas hutan hujan tropis Borneo. Formasi vegetasi hutan hujan tropis tersusun mulai dari vegetasi hutan hujan tropis dataran rendah, hutan bukit dan hutan dataran tinggi.

Sebagaimana hutan hujan tropis di Borneo lainnya, TNBK memiliki keanekaragaman flora, fauna yang tinggi, keindahan pemandangan, beratus gemuruh riam, tebing yang curam, air terjun dan gua-gua kapur membentuk sketsa alam yang mengagumkan dan yang terpenting adalah TNBK ini merupakan sumber air dari sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai kapuas dengan panjangnya pencapai 1,143 kilometer.

Para pengunjung yang datang dapat menyaksikan keindahan wisata alam yang beda dari daerah lainnya di dunia. Di beberapa tempat taman nasional ini para wisatawan dapat mengunjungi lokasi yang strategis seperti melakukan pengamatan satwa liar di habitat aslinya, memancing dengan pengetahuan tradisional, mengarungi sungai dengan rakit dan perahu atau melakukan arung jeram dan aktivitas perkemahan.


Pengamatan satwa di habitat aslinya merupakan aktifitas yang paling digemari para wisatawan, bahkan para wisatawan akan merasakan kepuasan karena dapat melakukan perjalanan dengan pemandu lokal yang telah paham dan memiliki keterampilan dalam hal mengidentifikasi dan memandu pengunjung pada lokasi yang tepat.

Hutan tropis dan pegunungan di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) merupakan kawasan yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti kegiatan jelajah hutan rute dari kapuas ke mahakam, ekspedisi pendakian Gunung Lawit yang memiliki ketinggian 1790 Mdpl, atau melintasi beberapa trek di beberapa kawasan TNBK sangat mungkin untuk dilakukan. Eksplorasi gua kapur juga merupakan hal yang menarik terletak di bagaian barat TNBK.

Kegiatan yang sangat menarik lainnya bagi pengunjung di kawasan Taman Nasional ini adalah aktivitas mengarungi sungai seperti arung jeram, berperahu mengarungi jeram, berkayuh menggunakan sampan menuju beberapa tempat yang menyediakan pemandangan alam yang menakjubkan hasil karya Sang Illahi seperti variasi air terjun dan menikmati rindangnya pepohonan di kiri kanan sungai.
Sumber WWF Kalbar