Pages

Tuesday, October 25, 2011

Home » » Deklarasi Tiga Negara di Heart Of Borneo

Deklarasi Tiga Negara di Heart Of Borneo


Tiga negara di pulau Borneo yakni Brunai Darussalam, Indonesia dan Malaysia menyadari bahwa hutan, tanah dan air di Pulau Borneo atau pulau Kalimantan merupakan peranan penting dalam menyangga kehidupan komunitas yang tinggal di dalamnya dan merupakan aset Internasional sebagai paru-paru dunia dan surga keanekaragaman hayati.

Modal ini sebagian besar berada di Heart of Borneo (HoB) yang merupakan kawasan luas sekitar 220.000 meter persegi, terdiri dari kawasan pegunungan dataran tinggi melewati batas-batas tiga negara dan kawasan dataran rendah yang secara ekologi terkait erat dengan kawasan pegunungan tersebut.

Ketiga pemerintah negara itu membangun komitmen politik bersama untuk mengelola kawasan HoB secara bijak dalam Deklarasi Heart of Borneo. Tujuan HoB merupakan upaya agar terbentuknya konektivitas antar kawasan konservasi di Borneo dan mendorong praktek pengelolaan serta pemanfaatan sumberdaya alam bertanggungjawab di budidaya kehutanan, perkebunan, pertanian dan pertambangan.


Ketiga negara itu menyepakati 5 program kolaboratif antara lain memuat tentang pengelolaan lintas batas, pengelolaan kawasan dilindungi, pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan, pengelolaan ekowisata dan peningkatan kapasitas.

Di Indonesia, pemerintah melalui Departemen kebudayaan dan pariwisata melakukan kerjasama dengan aktivis lingkungan selama 5 tahun untuk pengembangan kawasan HoB. kerjasama itu lebih bertujuan sebagai pendorong pengembangan dan pemasaran ekowisata sebagai upaya peningkatan ekonomi pembangunan kawasan dan kegiatan konservasi di HoB.