Pages

Saturday, November 23, 2013

Home » » Perpustakaan Simbol Peradaban Bangsa

Perpustakaan Simbol Peradaban Bangsa

Perpustakaan merupakan simbol peradaban bangsa dan memiliki peranan penting dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang handal dan cerdas seiring dengan merealisasikan program gembar membaca yang dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

Namun, sangat disayangkan ternyata keberadaan perpustakaan saat ini masih dipandang sebelah mata dan terkesan terabaikan oleh pihak-pihak seperti pemerintah provinsi dan kabupaten di Indonesia.

Salah satu bukti yakni perpustakaan masih kurangnya pasokan dana untuk mewujudkan perpustakaan yang memiliki beragam judul buku dan fasilitas penunjang lainnya. Sangat ironis memang terkadang keberadaan perpustakaan jauh dari harapan seperti letak perpustakaan yang berada di pinggiran kota dan bukan berada di pusat keramaian sehingga mempersulit untuk dikunjungi.

Anggota DPR-RI komisi X, Zulfadhli mengungkapkan bahwa pemerintah masih terkesan tidak mengetahui peran dan fungsi perpustakaan dan jauh dari pandangan negara-negara eropa yang menjadikan perpustakaan simbol peradaban bangsa.

Zulfadhli mengatakan bahwa selain monumen-monumen nasional dan museum, perpustakaanlah yang menjadi tempat kunjungan para wisatawan yang datang ke negara eropa karena ditempat ini segala informasi bisa didapatkan terkait dengan sejarah dan beragam wisata yang ada di negara itu.

Lokasi perpustakaan pun letaknya cukup strategis dan terkesan lebih mewah sehingga menimbulkan daya tarik bagi masyarakat ingin berkunjung ke perpustakaan.

Seiring dengan ramainya perpustakaan dikunjungi masyarakat maka secara otomatis mendongkrak daya minat masyarakat untuk membaca.

Untuk itu, anggota DPR-RI Komisi X dapil Kalbar, Zulfadlhi mengharapkan peran dan dukungan pemerintah agar menciptakan perpustakaan yang mengasikkan serta menjadikan gudang informasi dengan ketersediaan fasilitas pendukung.

Pihaknya juga mengharapkan agar sekolah-sekolah juga berupaya memanfaatkan perpustakaan yang ada disekolahnya dengan lebih menarik dan beragam buku-buku sebagai wujud merangsang para siswanya untuk datang ke perpustakaan sehingga program gemar membaca bisa terwujud secara maksimal agar siswa menjadi pelajar yang memiliki wawasan luas.
 

0 comments: