Pages

Thursday, July 26, 2012

Home » » Indonesia Krisis Kedelai Bulan Ramadhan

Indonesia Krisis Kedelai Bulan Ramadhan



Kekisruhan kembali terjadi di Indonesia terkait terjadinya krisis kedelai yang mengakibatkan dampak yang cukup besar di bidang ekonomi, salah satunya kelangkaan bahan baku tempe dan tahu ini di kalangan industri home industri.

Kita bisa melihat bahwa dampak krisis kedelai kelangkaan yang terjadi pada awal bulan Ramadhan yang pada akhirnya menimbulkan gejolak cukup besar karena tempe dan tahu di pasaran akhir-akhir ini cukup susah dijumpai dan kalau pun ada harganya cukup tinggi.

Beberapa faktor kelangkaan kedelai akibat adanya pembatasan dan terkendalanya impor kedelai ke Indonesia dari beberapa negera seperti dari USA dan negara eropa lainnya.

Beberapa pengamat sosial masyarakat menilai bahwa kasus kelangkaan kedelai di Indonesia akibat kurang tanggapnya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan kedelai sehingga mengakibatkan krisis kedelai di tanah air.

Selain itu adanya ketergantungan pemerintah terhadap negara lain karena pemerintah tidak bisa menkondisikan ketersediaan kedelai di Indonesia yang pada akhirnya masyarakat mengalami dampak yang cukup besar dirugikan.

Pemerintah pun disarankan agar dapat menciptakan ketahanan pangan seperti memberikan perhatian serius kepada para petani kedelai untuk mencukupi kebutuhan pasar di Indonesia.

Krisis kedelai ini pun mengakibatkan perusahaan pembuatan kecap dan tempe di pulau jawa mesti gigit jari karena bahan baku yang susah diperoleh dan mesti melakukan upaya merumahkan pekerjanya hingga bahan baku kembali normal.

Berita terkait:
Tidak Ada VISA, Bayi Dimasukkan Dalam Tas
Kecelakaan Pesawat Tabrak Gedung di Nigeria, 150 Orang Tewas

0 comments: