Pages

Thursday, June 30, 2011

Cara Mendaftarkan Blog ke Domain Gratis di .co.cc

1. Membuat domain di .co.cc
2. Untuk blog di bloggger.com mengarahkan CNAME dari blogger.com ke .co.cc

Untuk blog/social network selain blogspot :

1. Membuat domain di .co.cc
2. Untuk blog selain blogger.com mengarahkan dengan url forwarding.

“Caranya susah gak ?”, dalam tutorial ini kita akan membuatnya tahap demi tahap, dilengkapi dengan banyak screenshot agar memudahkan pembaca komputerblog yang setia.

Membuat domain .co.cc

1. Untuk mendaftar domain co.cc klik disini. atau masukkan url berikut
2. Pada halaman .co.cc masukkan nama domain yang diinginkan, kemudian pilih “check availability“. screenshot1.gif
3. Jika nama domain tersedia, pada halaman selanjutnya akan muncul halaman seperti ini, pilih “Continue to registration”.screenshot2.gif
4. Karena kita belum memiliki account maka pilih “create an account now”.screenshot3.gif
5. Pada halaman selanjutnya, isi formulir pendaftaran dengan lengkap (terutama yang ada tanda centangnya, wajib untuk diisi). screenshot4.gif
6. Jika sudah terisi semua, berikan tanda centang pada “I accept the Terms of Services”, kemudian pilih “Create an account now”. screenshot5.gif
7. Selamat, nama domain Anda sudah terdaftar, nama domain ini akan aktif selama 48 jam, jika dalam kurun waktu tersebut tidak melakukan set up pada domain maka pendaftaran domain di cancel. screenshot51.gif

Mapping Domain Untuk Blogspot

Untuk blog selain blogspot, langsung ke tahap URL FORWADING (ada dibawah).

Tahap pertama sudah selesai sekarang kita akan melakukan mapping dari domain blogger ke domain .co.cc.

1. Setelah berhasil mendaftarkan nama domain, langkah selanjutnya adalah melakukan set up, pilih “Set Up“. screenshot5_1.gif
2. Pilih “Zone Records“, pada “add a record” isikan :
* Host : http://www.namadomain.co.cc (contoh : http://www.kintamahadji.co.cc)
* TTL : 1D
* Type : CNAME
* Value: ghs.google.com screenshot6.gif
3. Selanjutnya kita akan melakukan set up di blogger account, pada halaman awal blogger.com masukan “Username dan Password” kemudian pilih “SIGN IN”. screenshot7.gif
4. Pilih Settings > Publishing, kemudian pilih “Custom Domain”. screenshot8.gif
5. Pada halaman selanjutnya pilih “Switch to Advanced settings”. screenshot9.gif
6. Masukkan nama domain yang telah di buat di kolom “Your Domain”, jangan lupa untuk menambahkan “www”. Ketikkan Word Verification yang sama kemudian pilih “SAVE SETTINGS” untuk mengakhiri. screenshot10.gif
7. Selamat, sekarang blogspot kamu sudah diarahkan ke domain .co.cc. Domainnya akan selesai diarahkan setelah 48 jam.

Cara Menghitung Bilangan Biner

Di dalam jaringan PC or LAPTOP kita dia hanya membaca angka 1 dan 0 dan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaiman sebuah ip di pecah belah supaya PC or LAPTOP kita bisa saling berkomunikasi dan Bertukar pakai data...

nah sebelum nya ada yang tau bilang Bineri???

mungkin ada yang sudah tau..

saya akan memjelaskan kepada yang belum tau..

bilangan bineri itu bilang yang hanya terdiri dari 2 angka saja yaitu 1 dan 0 seperti saya bilang tadi...

nah bererikut tabel nya...

128 | 64 | 32 | 16 | 8 | 4 | 2 | 1

itulah tabelnya...

dari situ kita tinggal mencari bilangan bineri IP kita ...

saat ini Ip yang di gunakan ialah Ip v.4 yang menduduki tabel biner yang ke 32 ...

jadi setiap Admin hanya mempunya 4294927296 host ip yang bisa di gunakan.

sedangkan Ip v.6 dia menduduki tabel biner yang ke 128 naik 2 peringkat bukan jadi setiap Admin mempunyai Ip 6 M host ip ( kurang Lebih.)

Pengenalan Perangkat Jaringan

Bila Anda sudah mengenal sekilas tentang beberapa peranti jaringan, seperti kartu Ethernet, hub, switch, dan repeater, pada edisi kali ini Anda bisa menyimak peranti-peranti jaringan lain yang tak kalah penting. Nah, biar lebih pede saat membangun suatu jaringan, simak terus ulasan beberapa peranti berikut ini.

Bridge

Fungsi bridge mirip dengan fungsi repeater, yaitu meneruskan kembali sinyal data yang diterima dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Tetapi bridge memiliki sedikit kelebihan dibanding repeater, yaitu mampu menyeleksi sinyal data yang diterimanya berdasarkan alamat Ethernet yang terhubung ke dalam jaringan serta mengatur jalur data untuk alamat tersebut. Bridge memiliki kemampuan untuk “belajar” dari pengalaman, di mana ia akan meneliti sinyal data dari setiap komputer dan kemudian membuat sebuah tabel yang berisi alamat-alamat dari jaringan yang terhubung dengannya. Dengan memonitor setiap alamat yang ada, ia akan menyampaikan sinyal data sesuai dengan alamat yang dituju.

Router
Router adalah peralatan utama yang digunakan dalam Wide Area Network (WAN). Informasi (paket data) dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berbeda di network yang berlainan. Hal ini dapat dilakukan oleh hub, bridge atau switch. Pada router proses seleksi atau pe-roteran dilakukan dalam network layer dan arsitektur jaringan computer. Artinya proses seleksi bukan pada Ethernet address tapi pada lapisan yang lebih tinggi seperti internet protocol address. Sebuah router fungsinya mirip dengan bridge, yaitu meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Kelebihan router adalah kemampuannya menyeleksi data yang diterima, kemudian memancarkannya ke alamat yang dituju dengan memilih jalur yang terpendek yang ia ketahui. Dengan demikian, waktu pengiriman paket data menjadi lebih kecil sehingga kecepatan transmisi data menjadi lebih tinggi. Dalam jaringan dikenal istilah router buatan pabrik dan PC router. Router buatan pabrik adalah peranti yang dibuat khusus oleh industri hardware jaringan yang fungsinya khusus sebagai router saja. Sementara PC router adalah PC yang difungsikan sebagai sebuah router. Sebuah PC router masih dapat melakukan fungsi lainnya, seperti sebagai workstation atau server, serta menjalankan aplikasi lain selain berfungsi sebagai router. Berbagai macam system operasi untuk server seperti Windows 2000, Linux, UNIX, memiliki kemampuan untuk membuat PC menjadi sebuah router. PC untuk router di dalamnya memiliki minimal dua buah kartu Ethernet untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Modem
Singkatan dari modulatordemodulator. Modem lazim digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah server dengan menggunakan jalur telepon sebagai sarana berkomunikasi. Pada umumnya orang menggunakan modem untuk menghubungkan komputernya ke jaringan yang lebih besar, yaitu Internet. Modem mengubah sinyal data yang diterimanya menjadi sinyal listrik sehingga dapat diteruskan melalui jaringan kabel telepon. Sinyal ini diterima oleh modem di sisi lain kemudian diubah kembali menjadi sinyal data. Kecepatan koneksi sebuah modem bervariasi tergantung dari jenis modem yang digunakan. Saat ini kecepatan koneksi sebuah modem yang tertinggi adalah 56 kilobit per detik (kbps). Tapi kecepatan koneksi modem sebenarnya tergantung pada kualitas jaringan kabel telepon yang digunakan. Bila jaringan kabel telepon menghasilkan derau yang terlalu tinggi akibat buruknya kualitas kabel, maka sinyal data tidak dapat dipancarkan dengan kecepatan maksimum karena modem harus memilah sinyal data dengan sinyal derau.

Kabel UTP
Nama lainnya adalah kabel RJ-45. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang terpuntir di dalam sebuah selubung luar. Ada dua metode yang biasa digunakan untuk menghubungkan computer menggunakan kabel ini: crossover dan straight. Metode crossover digunakan bila hanya dua buah komputer yang akan dihubungkan, sementara metode straight digunakan bila computer dihubungkan ke jaringan menggunakan hub atau switch. Kabel UTP banyak digunakan untuk jaringan dengan topologi bintang. Kabel ini banyak digunakan pada jaringan di kantor karena harganya murah serta pemasangannya pun sangat mudah. kabel tersendiri ada berbagai macam dan salah satunya adalah kabel BNC, kabel yang ini memiliki nama lain, RG-58. Bentuknya mirip dengan kabel antenna televisi, yaitu terdiri atas sebuah kabel utama yang dibungkus selubung plastic yang dikelilingi oleh kabel serabut. Kabel jenis ini banyak ditemukan pada jaringan dengan topologi bus. Kelebihan kabel BNC dibanding UTP adalah lebih tahan gangguan serta memiliki hambatan yang kecil, sehingga cocok dipakai untuk menghubungkan dua buah jaringan pada jarak yang berjauhan. Selain itu, kabel BNC dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal selain sinyal data, misalnya sinyal gambar dan suara. Kabel BNC banyak digunakan oleh penyedia jasa televisi kabel serta Internet karena sinyal-sinyal di dalamnya dapat dipisahkan menggunakan peranti khusus yaitu decoder untuk sinyal televisi dan modem kabel untuk memisahkan sinyal data dari Internet. Sudah mengerti sedikit tentang peranti-peranti yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan? Penjelasan di atas merupakan garis besar dari fungsi-fungsi peranti yang biasa dipakai dalam sebuah jaringan. Untuk minggu depan, kita akan coba membahas bagaimana membuat sebuah jaringan kecil untuk dipakai di rumah.
Kartu Ethernet
Atau biasa disebut Network Interface Card (NIC). Pertama kali dikembangkan di laboratorium Xerox Palo Alto Research Center di California. Kartu Ethernet lazim digunakan sebagai sarana menerima dan mengirimkan data melalui kabel jaringan. Biasanya kartu Ethernet diletakkan pada slot ISA atau bus PCI di komputer. Kartu Ethernet datang dalam dua jenis yaitu yang memiliki kecepatan 10 megabit per detik (Mbps) dan 100Mbps. Ada juga yang memiliki kemampuan otomatis untuk bekerja pada kecepatan 10 atau 100Mbps. Sebuah kartu Ethernet memiliki alamat khusus yang spesifik disebut sebagai Ethernet address atau MAC address. Alamat ini adalah berupa kode hexa 48-bit, dan di dunia ini tidak ada kartu Ethernet yang memiliki alamat yang sama. Bila sebuah computer hendak berkomunikasi dengan komputer lainnya maka ia akan memancarkan sinyal untuk mencari alamat kartu Ethernet yang dituju. Bila alamat tersebut telah ditemukan, maka ia kemudian dapat melakukan komunikasi antar dua kartu Ethernet. Bila kartu yang dituju ternyata tengah menangani komunikasi dengan kartu Ethernet lainnya maka terjadi tabrakan data alias collision. Keduanya kemudian akan berhenti memancarkan sinyal, kemudian menunggu untuk kembali memancarkan sinyal dalam waktu yang acak sehingga kemudian dapat berkomunikasi kembali.

Hub
Hub atau konsentrator memiliki fungsi sebagai polisi lalu lintas dalam sebuah jaringan. Hub biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki topologi bintang. Hub menyaring data yang lewat pada sebuah jaringan dan kemudian meneruskannya ke kartu Ethernet sesuai dengan alamat yang dituju. Dengan menggunakan hub, kemungkinan tabrakan data diperkecil, sehingga kecepatan koneksi antarkomputer menjadi lebih cepat. Jenis hub dibedakan atas kemampuannya menangani kecepatan koneksi dalam jaringan, yaitu 10Mbps, 100Mbps, dan 10/100Mbps. Fungsi switch sebenarnya sama dengan hub. Kelebihan switch dibandingkan hub adalah kemampuannya memberikan jalur tersendiri terhadap sinyal data yang keluar-masuk antara komputer yang saling berhubungan. Dengan demikian, bandwidth yang ada dapat digunakan sepenuhnya. Sementara pada hub, bandwidth yang ada digunakan secara bersamaan atau setiap komputer yang berkomunikasi saling berbagi pakai bandwidth tersebut. Dengan menggunakan switch, kecepatan koneksi antarkomputer dalam jaringan menjadi lebih cepat, karena memiliki bandwith yang sama tinggi.

Repeater
Seperti namanya fungsi utama peranti ini adalah untuk mengulangi kembali sinyal yang diterimanya. Sinyal data yang diterima pada satu segmen LAN diperkuat kemudian dipancarkan kembali ke segmen berikutnya dengan kekuatan yang sama dengan sinyal aslinya. Repeater digunakan untuk memperpanjang jarak antara jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai sarana berkomunikasi. Adanya hambatan listrik pada kabel, maka sinyal data pada jarak tertentu menjadi lemah, bahkan hilang untuk jarak yang melebihi kemampuan pengiriman data. Untuk itu, pada jaringan komputer yang memiliki jarak yang jauh, diletakkan sebuah repeater untuk memperkuat sinyal data tersebut.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian..

Membersihkan DNS Cache

Anda mungkin bingung terkadang membuka situs kesayangan yang tidak bisa terbuka saat browsing.
Saya hanya menjelaskan sedikit bahhwa terjadinya error terkadang bukan pada server situs yang kita tuju tetapi kendali ini disebabkan tapi karna DNS cache pada OS atau web browser yg masih nge-cache. Cara membersihkan cache atau cara nge-flush cache nya adalah sbb :


Karena saya menggunakan OS Windows maka saya hanya menjelaskan para pengguna OS yang sama dengan saya...okeeeeeeeee.... kita coba dl yaaaaa..kwkwkwkw...

Masuk ke CMD, lalu ketik : "ipconfig /flushdns" ( tidak menggunakan tanda petik dua )

lalu ketik : net startservice
trus ketik : net stop dnscache

dan dilanjutkan dengan perintah : net start dnscache

maka anda sudah bisa mengakses situs kesayangan anda..slamat mencoba..

Tweaking Windows Untuk Mempercepat kinerja Komputer

Pada kali ini ane akan membahas bagaimana mempercepat kinerja komputer yang kita miliki sehingga performance lebih baik dengan sedikit Tweaking dan Modifikasi pada setting Windows computer kita. Hal ini sangat membantu untuk mempercepat Kinerja computer kita yang mungkin agan2 rasa masih lamban seperti bila kita masih menggunakan PC setara pentium III atau Pentium 4.
Dengan menerapkan Modifikasi, optimiser, Tweaking seeting Registry pada Windows maka hal ini akan mengoptimalkan kerja dari Computer agar bekerja lebih cepat dari sebelumnya.
Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja Komputer :
A. Matikan beberapa fitur Start Up.
Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali kita menghidupkan Komputer.
• Masuk menu RUN >>> Ketikan MSCONFIG >> OK >> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua cawang pada Start up kecuali Program Anti virus
• Klik Menu service >> Hilangkan cawang pada Automatic Updates
• Setelah itu >>> Aplly >>> Ok
Hal ini memerlukan Restart Windows, Setelah itu ada Message Windows dan pilih dont show this message again. Kemudian lanjutkan ke Optimasi pada Registry Windows di bawah ini.
Tweaking Windows Untuk Mempercepat Computer
Pada kali ini ESC-creation akan membahas bagaimana mempercepat kinerja komputer yang kita miliki sehingga performance lebih baik dengan sedikitTweaking dan Modifikasi pada setting Windows computer kita. Hal ini sangat membantu untuk mempercepat Kinerja computer kita yang mungkin anda rasa masih lamban seperti bila kita masih menggunakan PC setara pentium III atau Pentium 4.
Dengan menerapkan Modifikasi, optimiser, Tweaking seeting Registry pada Windows maka hal ini akan mengoptimalkan kerja dari Computer agar bekerja lebih cepat dari sebelumnya.
Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja Komputer :
A. Matikan beberapa fitur Start Up.
Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali kita menghidupkan Komputer.
• Masuk menu RUN >>> Ketikan MSCONFIG >> OK >> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua cawang pada Start up kecuali Program Anti virus
• Klik Menu service >> Hilangkan cawang pada Automatic Updates
• Setelah itu >>> Aplly >>> Ok
Hal ini memerlukan Restart Windows, Setelah itu ada Message Windows dan pilih dont show this message again. Kemudian lanjutkan ke Optimasi pada Registry Windows di bawah ini.
Komputer merupakan salah suatu benda yang bisa melakukan berbagai jenis aktifitas dan dapat mempermudah pekerjaan anda. Kini komputer PC merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Jika komputer PC atau laptop yang anda punya terasa begitu berat dan lemot, anda akan kesal bukan?
Oleh karena itu sekarang ane mau berbagi Tips dan Trik tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer :

.: Tips Trik Mempercepat Kinerja Komputer :.
• Perhatikan Visual Grafis
Efek efek visual grafis komputer anda seringkali memberatkan kinerja komputer PC anda. Oleh karena itu anda harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer anda atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC anda. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects

Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, anda pilih saja yang anda utamakan. Atau anda bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.
• Hindari Program-program yang Tidak Berguna
Seringkali anda hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer anda. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer anda maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer anda akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu saya sarankan anda agar :

- Uninstall program-program yang tidak berguna
Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs
Nah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering anda pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang anda pakai maka di hapus saja dari komputer PC anda.

- Lakukan Disk Cleanup
Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk anda.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

- Defragment Hardisk Berkala
Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika anda melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk anda.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now
• Melakukan Tweaking dengan Software
Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer anda. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry anda dari kesalahan-kesalahan / Error. Anda dapat mencari sofware - software tersebut di google maupun indowebster.
• Optimalkan Virtual Memori
Caranya :
My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
Nah disitu ada bagian custom size anda isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended
• Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna
Caranya :
• Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus
• Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates
• Setelah itu tekan Apply lalu OK

mudah-mudahan tips dan trik diatas dapat membantu agan2 semua untuk mempercepat kinerja dari komputernya. ( Sumber ; Forum )

Wednesday, June 29, 2011

Tersangka Pembobol PSN Diamankan Polisi Spanyol


Pihak kepolisian Spanyol mengklaim telah meringkus tiga anggota grup hacker Anonymous, yang disinyalir terlibat dalam pembobolan sistem keamanan PlayStation Network (PSN) milik Sony.

Menurut akun Twitter resmi satuan kepolisian Negeri Matador, penangkapan itu bermula dari bocornya rencana penyerangan terhadap situs Central Electoral Board Spanyol. Pihak kepolisian kabarnya telah memposting gambar chat log IRC yang membeberkan detil rencana untuk menyerang sejumlah situs, termasuk situs kepolisian sendiri.

The Next Web, Sabtu (11/6/2011), melansir bahwa ketiga tersangka diduga kuat terlibat dalam pembobolan layanan PSN, serta sejumlah serangan terhadap pemerintah Mesir, Chile, Iran dan Kolombia.

Penangkapan itu dilakukan di tiga kota Spanyol, Barcelona, Alicante dan Almeria hanya beberapa saat setelah NATO menyatakan komitmennya untuk menindak tegas para pelaku cyber crime, termasuk Anonymous.

Serangan terhadap PSN memaksa Sony menutup layanan tersebut sehingga para pengguna PlayStation 3 tidak bisa memainkan perangkat mereka sambil terhubung ke internet. Baru-baru ini, Sony juga mengaku bahwa pelaku serangan itu telah mencuri ribuan data pengguna, mulai dari tanggal lahir, username, hingga password.

Diperkirakan, jebolnya akses PSN menyebabkan kebocoran data pribadi sekira 77 juta akun dalam layanan online tersebut.

Kalahkan AS, Internet Korsel 200 Kali Lebih Cepat


Korea Selatan berhasil menjadi pemilik koneksi internet tercepat di dunia mengalahkan Amerika Serikat. Diperkirakan akhir 2012, semua rumah Korea Selatan mendapatkan akses 1Gb/detik.
Pernyataan tersebut dilaporkan New York Times. Angka itu menjadi 10 kali lipat peingkatan standar nasional Korea Selatan serta 200 kali lebih cepat dari rata-rata koneksi rumah tangga di Amerika Serikat.
Berdasarkan keterangan akamai, Korea Selatan saat ini memiliki kecepatan rata-rata 16,63 Mb / detik. Sebaliknya, Amerika Serikat memiliki kecepatan rata-rata internet sebesar 4,6 Mb / detik. Untuk Indonesia berdasarkan pantauan di situs Speed Test, kecepatan unduh sebesar 1, 54 Mb/detik dan kecepatan unggah sebesar 0,64 Mb/detik.
Internet Korea Selatan tidak hanya lebih cepat, tetapi juga lebih murah. Korea Selatan menikmati kecepatan koneksi rata-rata di atas 100 Mb/detik hanya membayar US$38 (Rp345 ribu) per bulan. Pemerintah di Seoul memang berambisi memperbaiki infrastruktur mereka.
“Sebuah proyek percontohan dengan kuota gigabit diprakarsai pemerintah secra langsung pada 1.500 rumah tangga di lima kota Korea Selatan. Masing-masing harus membayar hanya sekitar US$27 (Rp244 ribu).

Jepang Kriminalisasikan Cyber Crime


Akhirnya Parlemen Jepang memutuskan akan mengkriminalisasi setiap pembuatan ataupun distribusi virus komputer, serta setiap aktifitas cybercrime untuk mengatasi permasalahan cybercrime yang terus berkembang.

Sebelumnya pihak berwajib Jepang kesulitan mengungkap serangan cyber yang ditujukan ke kantor pemerintahan, korporat, maupun individual karena tidak adanya hukum yang secara spesifik menghukum pembuat virus dan serangan ke dalam jaringan komputer atau internet.

Para pembuat virus dapat dikenakan kurungan penjara sampai 3 tahun atau denda ¥500.000 (53 juta rupiah), dan bagi yang memiliki atau mendistribusikan dapat dijatuhi 2 tahun penjara atau denda ¥300.000 (32 juta rupiah)

Aturan baru ini memperbolehkan aparat mengambil atau meng-copy data dari server komputer yang terhubung secara online untuk proses investigasi.

Selain itu pihak berwenang di Jepang mewajibkan setiap ISP untuk mencatat log komunikasi seperti trafik email sampai 60 hari.

Namun peraturan tersebut menuai kekhawatiran bagi sebagian orang karena berpotensi melanggar privasi orang, namun pemerintah Jepang menepis hal tersebut dengan menegaskan hanya akan menempuh langkah hukum hanya bila diperlukan saja.

Pada dasarnya langkah parlemen Jepang tersebut sejalan dengan ‘Convention on CyberCrime’ (persetujuan internasional yang mewajibkan pemerintah mengkriminalisasi hacking, pornografi anak, dan kejahatan cyber lain) (Sumber ; arrahmah.com )

Cegah Serangan Cyber Crime


Mungkin sekarang ini para pengguna computer harus berhati-hati dengan adanya resiko terkena virus atau cyber-crime yang dilakukan melalui Internet. Hal ini terbukti setelah beberapa perusahaan besar seperti Google, IBM dan Swiss Institute of Technology melakukan penelitian dan telah menemukan bahwa user yang menggunakan Internet hampir tidak pernah atau kurang peduli dengan keamanan browser yang mereka gunakan ketika surfing di Internet. ( Sumber ; www.beritanet.com )

Penelitian yang dilakukan oleh Google, IBM dan Institut Teknologi Swiss, menemukan ada sekitar 600 juta user yang sering menggunakan Internet dapat beresiko terhadap serangan virus, Trojan, worm, atau pun kejahatan dunia maya ketika mereka surfing di Internet. Resiko serangan dimulai dari file-file dari vendor yang sekiranya digunakan sebagai pengaman, malah dapat merugikan user karena penyerang dapat mengambil file-file tersebut atau menghilangkannya hingga tak berbekas.

Untuk itu, Google, IBM dan Institut Teknologi Swiss, mencoba mengingatkan kepada user agar dapat memperbarui sistem keamanan browser demi keamanan situs mereka ataupun situs yang tengah mereka gunakan. Keamanan browser sangat penting mengingat para spammer atau cyber-crime apapun seringkali memanfaatkan kelemahan browser dan situs Internet untuk menyerang user seperti pencurian data dan informasi user, pemalsuan data, atau penipuan.

Biasanya penyerang situs Internet akan menyerang user pada bagian plugins. Plugins adalah sebuah program kecil yang dapat memperluas fitur yang dimiliki browser. Plugins menjadi titik kelemahan yang menjadi incaran para attacker sehingga mudah diekploitasi dari suatu tempat dalam browser yang tidak tampak di permukaan atau tersembunyi. Terlebih bagi user yang jarang, bahkan tidak pernah memperbarui versi browser dan plugins browser yang digunakan, semakin memperbesar celah keamanan browser.

Selain itu, hasil penelitian membuktikan bahwa user lebih cenderung menggunakan Firefox versi terbaru daripada browser Internet Explorer yang agak lambat untuk updater versi terbarunya. Terdapat sekitar 83% user yang menggunakan browser Firefox terbaru dan lebih aman, sedangakn Safari sekitar 65%, Opera 56%, dan IE sekitar 47% user yang memperbarui browser-nya.

Tuesday, June 28, 2011

Rangsang Kerja Otak Anak Kreatif Lewat Game


ANAK zaman sekarang tentu tak asing dengan sejumlah game yang beredar di pasaran. Tak jarang Moms resah karena buah hatinya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game daripada belajar.

Eits, jangan selalu menuduh game itu negatif Moms! Menurut dr Arman Yurisaldi S MS SpS, game dapat melesatkan kerja otak lho. Tak percaya?

Dokter spesialis saraf di RS Satyanegera Sunter – Jakarta ini akan berbagi informasi seputar bagian otak dan kaitannya dengan game:

Otak Depan Bawah (Prefrontal)
Fungsi: area yang menentukan suatu rencana dilaksanakan atau tidak. Tersimpan nilai-nilai agama, moral, adat-istiadat yang menjadi rambu-rambu tindakan yang dipelajari sejak kecil.

Skor:
1. Memerlukan daya dan konsentrasi pengambil keputusan yang sederhana, tidak dibatasi waktu.

Jenis game: permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.
2. Memerlukan daya konsentrasi pengambil keputusan yang cepat. Dibatasi waktu, namun batasan waktu yang makin lama makin sempit. (Sedang)

Jenis game: permainan multiplayer-dimainkan lebih dari 1 pemain; permainan petualangan, contoh: grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; Call of Duty; dan SimCity 4.

3. Memerlukan daya konsentrasi guna mengambil keputusan yang sangat cepat, dibatasi waktu yang semakin lama semakin cepat.

Jenis game: Catur; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Civilization; dan Sudoku.

Otak Kiri

Fungsi: area yang menentukan kemampuan berbahasa dalam menjelaskan ide-ide. Disebut pula daerah logika matematika.

Skor:
1. Memerlukan logika sederhana.

Jenis game: permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.

2. Memerlukan logika kompleks.

Jenis game: permainan multiplayer; permainan petualangan, contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; Call of Duty; dan SimCity 4.

3. Memerlukan logika kompleks, serta daya urai/analisis pemecah masalah yang lebih mendetail/deskriptif.

Jenis game: Catur; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Civilization; dan Sudoku.

Otak Kanan

Fungsi: Melihat kemampuan seni seperti melukis, membuat puisi, novel, berkata-kata halus dalam berbahasa.

Skor:

1. Memerlukan daya visuospasial (orientasi letak suatu benda dalam ruangan yang sederhana), seperti letak benda dalam satu posisi dalam ruang. Contoh letak suatu balok yang bergeser.

2. Memerlukan suatu daya orientasi benda di dalam ruangan yang bergerak dari suatu posisi menuju posisi lain dengan aneka posisi. Tanpa dibatasi batas keleluasannya.

Jenis game: catur.

3. Memerlukan suatu daya orientasi benda di dalam ruangan yang bergerak dari satu posisi menuju posisi lain, namun dibatasi.

Jenis game: permainan multiplayer; permainan petualangan-contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba, contoh Need for Speed; permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4 dan Sudoku.

Otak Kecil

Fungsi: area yang melibatkan pemikiran (kognitif); perasaan (afektif); kemandirian (otonom); fokus, perhatian (atensi); pemimpin, pengambil keputusan (eksekutif); dan memori.

Skor:
1. Memerlukan ketepatan daya pemikiran mencapai suatu sasaran yang tidak terlampau sulit dan tidak dibatasi waktu.

2. Memerlukan daya ketepatan perkiraan mencapai suatu sasaran yang tidak terlampau sulit, namun perlu daya pemikiran yang tidak dapat sekali pandang. Dapat dengan tepat mencapai sasaran.

Jenis game: permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup; Age of Empires II: The Age of Kings; dan SimCity 4.

3. Memerlukan daya pikiran ketepatan yang tinggi dalam mencapai sasaran, tidak dapat dilakukan dalam sekali pandang dan dibatasi waktu yang semakin sempit.

Jenis game: permainan multiplayer; permainan petualangan-contoh grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; catur; permainan aksi; permainan olahraga, misal Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba-contoh Need for Speed; Tetris; Call of Duty; Civilization; dan Sudoku.

Sirkuit Penghargaan (Reward)

Fungsi: Ada zat kimia dalam otak yang disebut dopamin. Zat inilah yang membuat anak memiliki rasa senang, bahkan ketagihan dalam belajar.

Skor:

1. Tidak ada penghargaan terhadap suatu pencapaian.
2. Ada penghargaan namun dengan angka skor yang rendah pertambahannya, walaupun aktivitas untuk mencapai skor cukup sulit.

Jenis game: permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.
3. Terhadap keseimbangan antara aktivitas mencapai keberhasilan dan pencapaian skor penilaian secara berimbang.
Jenis game: permainan multiplayer; permainan petualangan-contoh: grand the ft auto IV; tembakan; solitaire; catur; permainan aksi; permainan olahraga, misal: Pro Evolution Soccer (PES); Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4; dan Sudoku.

Sirkuit Papetz (Emosi dan Memori)

Fungsi: Jalur utama pada otak besar dan berperan mengontrol emosi.

Skor:

1. Permainan dengan tingkat emosi yang tidak terlalu menggembirakan, tak perlu memerhatikan tahapan-tahapan berlatih.

2. Permainan dengan tingkat durasi yang sedang dengan tahapan-tahapan tertentu.

Jenis game: permainan lucu, misal Beetle Crazy Cup.

3. Permainan dengan suasana yang menggembirakan dan tahapan-tahapan kompleks yang bila permainan itu dilanjutkan, maka semakin mempermudah penghapalan langkah-langkahnya.

Jenis game: permainan multiplayer; permainan petualangan-contoh: grand the ft auto IV; solitaire; catur; permainan aksi; Pro Evolution Soccer (PES); permainan lomba-contoh: Need for Speed; Tetris; Age of Empires II: The Age of Kings; Call of Duty; Civilization; SimCity 4; dan Sudoku.

Keterangan:
Skor 1: Ringan
Skor 2: Sedang
Skor 3: Berat (Semakin tinggi skor, semakin berefek positif pada aktivasi otak).
Namun ada permainan yang nilai skornya 3, tapi bersifat agresif misal Civilization (sebaiknya frekuensi main dikurangi). Permainan yang disarankan adalah Tetris.

Aturan Bermain Game

Do’s
- Bagi anak usia 9-12 tahun, disarankan bermain game selama 1 jam per hari.
- Masukkan daftar waktu senggang anak dengan bermain game.

Dont’s
- Hindari game yang sifatnya mengandung unsur pertandingan atau kekerasan. Sebab, game jenis itu melatih tindakan agresif destruktif.
- Pilihlah jenis permainan yang bersifat pertandingan. Karena permainan ini memacu diri, tanpa menjatuhkan lawan.

Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari


Seorang pendaki dari Jepang bernama Makimoko yang tersesat di pegunungan Nepal mengatakan bahwa dia bisa bertahan karena memakan tumbuhan dan berdoa. Makiko Iwafuchi mengatakan bahwa dirinya tersesat dari jalur pendakian pada 25 Mei lalu ketika mendaki di dekat Danau Gosainkunda, wilayah utara Kathmandu. Wanita berusia 49 tahun dari Tokyo tersebut

berjalan selama beberapa hari, mencari orang lain dan juga tempat berteduh. Penduduk setempat menemukannya 13 hari kemudian ketika berada dalam sebuah gua kecil.

"Ketika sata mendengar ada suara orang, tentu saja saya berpikir itu adalah sebuah keajaiban. Saya berdoa kepada Tuhan dan berterimakasih kepada semua orang," ujarnya seperti dilansir BBC, Senin (13/6).

Kepolisian dan tentara yang mendapatkan kabar bahwa Iwafuchi menghilang langsung melakukan pencarian, namun mereka tidak bisa menemukan jejaknya."Selama dua hari saya tidak bergerak. Saya tinggal di dalam gua kecil, saya selalu memikirkan makanan apa yang akan saya makan jika saya bisa kembali." ujarnya.

"Saya makan daun, bambu rebung dan banyak minum air. Saya berdoa jika saya selamat saya akan berubah. Saya akan lebih baik kepada orang lain dan murah hati," lanjutnya. ( Sumber ; BBC )

Pendakian Gunung Merapi Meningkat


Selama liburan sekolah 2011, pendakian ke Gunung Merapi melalui jalur Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengalami peningkatan.

"Jumlah pendaki ke Merapi masa liburan rata-rata mencapai sekitar 60 orang setiap minggunya, sedangkan sebelumnya paling hanya sekitar 10 orang," kata anggota Tim SAR Barameru Desa Lencoh, Samsuri, di Boyolali, Minggu (26/6).

Mereka kebanyakan pelajar SMA dan mahasiswa antara lain berasal dari Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Boyolali yang ingin menikmati masa liburan sekolah. Bahkan, katanya, empat atau lima pendaki berasal dari luar negeri hampir setiap hari ada yang melakukan pendakian.

"Jumlah pendakian ke Merapi pada Sabtu (25/6), tercatat di `base camp` Plalangan sekitar 70 orang," katanya. Pendakian Merapi melalui Plalangan, Desa Lencoh tersebut secara resmi belum dibuka oleh pemerintah daerah setempat, sejak letusan Merapi akhir 2010 hingga saat ini.

Namun, para pendaki sudah banyak yang memulai kegiatannya ke Merapi karena mereka menganggap kondisi Merapi sudah bersahabat. Kondisi cuaca di puncak beberapa hari terakhir, katanya, cukup cerah dan jarang hujan sehingga, sedangkan udara di puncak saat malam sangat dingin dan siang panas.

Pihaknya mengingatkan para pendaki untuk membawa perlengkapan seperti jaket tebal dan air minum yang cukup. Para pendaki biasanya mulai perjalanan ke puncak sekitar pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB. Mereka memerlukan waktu sekitar empat jam.

"Para pendaki saat di puncak biasanya melihat matahari terbit. Setelah itu, mereka turun dan tiba di `base camp` sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB," katanya. Seorang warga Selo yang pemandu wisatawan asing, Sony (40), mengatakan, hampir setiap hari ada wisman yang melakukan pendakian ke Merapi.

Mereka antara lain berasal dari Belanda, Jerman, Prancis, dan beberapa negara di Asia seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. ( Sumber : www.gatra.com )

Menapaki Puncak Salju Khatulistiwa untuk Lupus


Sebanyak 10 pendaki wanita veteran dari berbagai kelompok pecinta alam berhasil menapakkan kaki di puncak salju Garis Khatulistiwa. Usaha perdana mereka dilakukan pada 2006. Kala itu, beranggotakan sembilan pendaki wanita, mereka mengarahkan tujuan ke pegunungan Himalaya di Nepal. Dengan judul "Perempuan Indonesia Menapaki Himalaya untuk Lupus", mereka berhasil mendaki puncak Kala Pathar di ketinggian 5550 meter di atas permukaan laut.

Pendakian berlanjut pada 2009. Kali ini bergeser ke benua Afrika. Proyek pendakian kedua dilakukan di Gunung Kilimanjaro yang ada di Tanzania. Delapan anggota pendaki sukses menaiki puncak Uhuru yang ada pada ketinggian 5895 meter di atas permukaan laut dengan mengusung nama "Kilimanjaro for Lupus".

Proyek ketiga dilakukan tahun 2011. Mereka mematok target lebih. Melalui diskusi panjang, dicapailah keputusan untuk mendaki dua puncak gunung sekaligus, yaitu Cayambe dan Cotopaxi, bagian dari pegunungan Andes di Ekuador. Meskipun didera berbagai kesulitan, para Srikandi itu pada akhirnya berhasil menjadi pendaki pertama Indonesia yang dapat mencapai puncak tertinggi di belahan benua Amerika Selatan. ( Sumber ; www.metrotvnews.com )

Tim Wanadri Akan Taklukkan Puncak Gunung Denali Alaska


Pada akhir Mei 2011, Tim Indonesia Seven Summits Expedition Wanadri berangkat menuju Alaska untuk mencoba menggapai puncak Denali, gunung tertinggi di Amerika Utara.

Puncak dengan ketinggian 6194 meter di atas permukaan laut itu merupakan salah satu gunung tersulit dari rangkaian tujuh puncak di tujuh benua.

Selama tiga minggu, ketahanan fisik dan mental pendaki Seven Summits diuji menghadapi suhu yang sangat dingin dan cuaca yang mudah berubah. Pendaki dituntut menguasai teknik mountainering khusus sebelum melakukan pendakian

Untuk pertama kali setelah mencapai empat puncak benua, tim berusaha mengapai puncak kelima ini tanpa bantuan porter. Hingga saat ini Tim Pendaki Wanadri masih melakukan pendakian ( Sumber ; http://www.metrotvnews.com )

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

Pasangan Pendaki Menikah Di Puncak Gunung


Ada-ada saja cara unik pasangan dalam mengucapkan janji suci. Tengok saja pasangan dari Skotlandia yang memilih menikah di puncak gunung tertinggi di Inggris. Daily Mirror mewartakan,Jo Mellor dan Rob Tearle menikah di salah satu puncak tertinggi Inggris, Buchaille Etiv Mor, di Glencoe, Skotlandia, berketinggian 1.022 meter.

Kedua pasangan unik itu menikah dengan berpakaian ala pendaki gunung lengkap dengan pakaian Tahan Air. Janji suci yang mereka ucapkan pun berbeda. Jo berjanji akan selalu mencintai suaminya meskipun ditempa batuan. Sementara itu, Rob juga berjanji tidak akan melepaskan tali di tubuh Jo.

Sebelum disatukan dalam pernikahan, Jo dan Rob bergabung dalam pendakian bersalju selama dua jam. Bahkan, pengiring pengantin kedua mempelai adalah pendaki gunung terbaik di Inggris, Carl Iszatt dan pengiring pengantin Emily Iszatt.

"Pernikahan ini sangat spesial. Saya tidak akan pernah melupakannya," ungkap Jo. Setelah menikah, mereka berencana untuk mengadakan bulan madu dengan mendaki sebuah gunung yang romantis. ( Sumber : http://gayahidup.liputan6.com )

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus
Tim Wanadri Akan Taklukkan Puncak Gunung Denali Alaska

Empat Pendaki Tersesat Saat Mendaki Gunung Argopuro


Sebanyak empat pendaki dari 18 pendaki yang tersesat di Pegunungan Argopuro (3.088 mdpl) membutuhkan pertolongan atau bantuan medis.

"Kami mendapatkan informasi bahwa empat pendaki memerlukan pertolongan pertama karena mengalami luka lecet dan kelelahan," kata Koordinator Tata Usaha Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III di Kabupaten Jember, Margono, Selasa.

Sejumlah pendaki terpisah dari rombongannya saat melakukan pendakian menuju puncak Pegunungan Argopuro pada Minggu (26/6), bahkan sebagian pendaki tersesat dan tidak membawa perbekalan yang cukup.

Menurut Margono, sebanyak 18 pendaki dalam kondisi selamat dan kemungkinan mereka akan turun menuju Baderan, Kabupaten Situbondo, hari ini.

"Pagi tadi mereka sudah turun, sehingga diprediksi berada di Baderan pada sore ini. Petugas juga sudah menyiapkan obat-obatan untuk pertolongan pertama bagi para pendaki yang membutuhkan bantuan medis," paparnya.

Ia menjelaskan, biasanya para pendaki tersesat di kawasan Cisentor karena di sana terdapat pertigaan yakni tempat pertemuan jalur Baderan dan Bremi yang bersatu menuju ke puncak Argopuro.

"Banyak pendaki pemula yang tersesat saat menuju Cisentor dan Rawa Embek yakni sebuah tempat yang mendekati puncak Rengganis," katanya.

Rute jalur pendakian Pegunungan Argopuro yakni Baderan (Situbondo) - Mata Air 1 - Cikasur - Cisentor - Rawa Embik - Puncak Rengganis - Puncak Argopuro - selanjutnya turun menuju Danau Taman Hidup - Bremi (Probolinggo) atau sebaliknya jalur pendakian dimulai dari jalur Bremi.

Margono mengimbau kepada para pecinta alam yang melakukan pendakian ke Argopuro, agar membawa perbekalan yang cukup dan persiapan pendakian yang lengkap.

"Sebaiknya setiap pendaki membawa perbekalan masing-masing untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat atau tertinggal dari rombongan," paparnya.

"Kami tidak pernah menyarankan jalur pendakian dari arah selatan yakni melalui Kecamatan Panti, Kabupaten Jember karena medannya curam, sehingga hanya pendaki yang handal yang bisa melalui jalur itu. Pendaki pemula disarankan melalui jalur barat atau timur yakni jalur Baderan atau Bremi," katanya, menjelaskan.
Sumber ; ( http://www.republika.co.id )

Aturan Para Pendaki Pemula Naik Gunung


Meskipun buat para pendaki yang sudah terbiasa mendaki gunung tidak ada salahnya untuk mengikuti tips-tips berikut. Inti dari kegiatan pendakian gunung untuk menikmati dan mensyukuri keindahan alam tanpa merusak dan menyakiti gunung itu sendiri dan diri sendiri sebagai pendaki.
Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang kian hari kian marak dan banyak digemari.Kegiatan pendakian gunung, sebagaimana kegiatan di alam bebas lainnya, selalu penuh petulangan yang menantang, bahkan terkadang ekstrim.
Lantaran itu, dalam melakukan pendakian gunung, seorang pendaki musti melakukan persiapan yang matang. Jangan sampai kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan kepuasan diri ini berakibat yang merugikan buat diri pendaki dan alam (lingkungan hidup). Tips-tips mendaki gunung buat pendaki pemula berikut mungkin sedikit membantu persiapan pendakian gunung tersebut.

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula. Untuk mendaki gunung, beberapa hal (tips) yang harus diperhatikan antara lain:
* Perencanaan pendakian

Tips pertama adalah melakukan perencanaan pendakian dengan matang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang musti dipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait (termasuk orang tua atau pacar).

* Kesiapan fisik dan mental

Tips selanjutnya adalah mempersiapkan fisik dan mental seperti dengan melakukan olah raga secara rutin.

* Penguasaan medan dan rute

Penguasaan medan dan rute merupakan sebuah hal yang sangat penting. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung musti ada lebih dari satu orang yang benar-benar telah menguasai medan dan hapal rute pendakian.

* Perlengkapan yang mencukupi tapi tidak memberatkan

Membawa perlengkapan yang mencukupi merupakan tips selanjutnya. Perlengkapan hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Namun beberapa peralatan yang sangat penting diantaranya; tas rangsel khusus pendaki (carrier), sepatu trekking, jaket, jas hujan, matras, sleeping bag (kantong tidur), baju ganti, senter dan alat penerangan, korek api, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak mini, alat komunikasi (seperti hape), tempat air, dan peralatan survival dan obat-obatan.

Tips dalam memasukkan peralatan dalam carrier (tas rangsel) hendaknya dengan komposisi barang yang paling berat di posisi atas sedangkan barang yang lebih ringan di bagian bawah. Pengaturan ini berguna agar pada saat ransel digunakan, beban terberat berada di pundak, bukan di pinggang hingga memudahkan kaki melangkah saat pendakian gunung

Barang-barang bawaan sbelum dimasukkan tas dibungkus dahulu dengan menggunakan kantong plastik. Tips ini untuk mencegah barang menjadi basah (berfungsi sebagai lapisan anti air) atau tercampur dengan peralatan atau pakaian kotor dan basah yang telah dipergunakan.

* Bahan makanan yang mencukupi

Tips membawa makanan dalam mendaki gunung juga penting. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Juga bahan makanan yang cepat dimasak. Jangan membawa dan mengonsumsi minuman beralkohol karena meskipun hangat namun minuman beralkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

* Memperoleh izin dan melapor pada Pos Pendakian

Sebelum pendakian dilakukan musti melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait terutama di Pos Pendakian. Di pos pendakian ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung. Setelah kembali (turun) dari mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke Pos Pendakian.

* Tidak merusak alam

Menikmati keindahan alam tanpa merusak atau menyakiti alam tentu akan semakin indah. Karena itu selama pendakian hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keindahan dan keseimbangan alam seperti melakukan aksi coret-coret (vandal), menebang tumbuhan sembarangan, menangkap hewan, memetik bunga (seperti edelweiss), maupun membuang sampak nonorganik.
Sampah, terutama sampah plastik yang dihasilkan selama pendakian hendaknya dikumpulkan dalam kantong plastik dan dibawa turun gunung dan dibuang di tempat sampah di Pos Pendakian. Tips ini sesuai dengan semboyan yang biasanya dipegang oleh pencinta alam; jangan pernah meninggalkan apapun di gunung kecuali tapak kaki dan kenangan.

Jika selesai menyalakan api unggun, matikan hingga betul-betul padam termasuk bara apinya dengan menyiram air atau menutupnya dengan tanah. Juga ketika membuang putung rokok, matikan dulu bara apinya. Ini untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan.

Dengan melakukan tips-tips mendaki gunung di atas, pendakian yang dilakukan meskipun oleh pemula dapat terlaksana sesuai harapan dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat ataupun terkena hipotermia. Karena pada prinsipnya, sebuah pendakian gunung bukanlah sekedar untuk mencapai puncak gunung belaka, namun juga musti mampu kembali pulang.
Perlu diingat bahwa para pendaki pemula haruslah memperhatikan aturan yang ada terkait kode etik pencinta alam.
"Janganlah meninggalkan sesuatu selain jejak, jangan mengambil sesuatu selain potret dan jangan membunuh sesuatu selain waktu".
Selamat mendaki...Bravo...

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

Monday, June 27, 2011

6 Pendaki asal Perancis tewas di Gunung Alpin


Seorang pendaki Inggris menemukan mayat enam pendaki gunung di pegunungan Alpen Perancis yang tewas akibat terjatuh dan menjadi salah satu kecelakaan terburuk di wilayah itu dalam beberapa tahun, sumber AFP melaporkan Senin (27/6).

Seluruh korban tewas merupakan warga negara Perancis, meliputi seorang remaja pria berusia 16 tahun serta dua pria dewasa dan tiga wanita berusia antara 42 hingga 64 tahun, ungkap jaksa daerah, Remy Avon, namun tidak mengungkapkan identitas mereka.

Dia juga menyangkal laporan sebelumnya yang menunjukkan bahwa para korban terjatuh akibat longsoran salju dan batu.

"Kejadian itu bukan karena longsor. Untuk saat ini, kami belum mengetahui penyebab mereka jatuh," tegasnya, seraya menjelaskan bahwa para pejabat di daerah tersebut telah melakukan penyelidikan terkait kecelakaan tragis tersebut.

Para pendaki berangkat pada Sabtu lalu sekitar pukul 06.00 waktu setempat dalam cuaca cerah dengan membawa berbagai peralatan yang diperlukan untuk pendakian curam. Saat mendekati puncak Plate des Agneaux berketinggian 3.217 meter, mereka terjatuh dari ketinggian antara 150 hingga 200 meter, ungkap Avon, mengutip laporan penyelidikan awal.

Seluruh mayat ditemukan di puncak Neige Cordier berketinggian 3.000 meter dan dibawa dengan helikopter menuju Villar d'Arene. Pendaki Inggris menemukan mayat saat ia mengambil rute pendakian yang sama dengan mereka sehari sebelumnya, ujar polisi.

Pada bulan Juni 2007, lima pendaki dari satu keluarga tewas setelah jatuh di sebuah gunung di dekat Villar d'Arene. Minggu kemarin, seorang warga Italia berusia 42 tahun juga tewas terjatuh saat mencoba mendaki puncak Galenstock setinggi 3.370 meter. ( sumber ; http://www.wartanews.com )

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

Gempa Guguran Gunung Semeru


Gempa guguran akibat longsornya material vulkanik kawah Jonggring Saloka, Senin, 27 Juni 2011, ini dikabarkan mengguncang kawasan Gunung Semeru.

Gempa guguran tersebut tercatat dalam seismik di Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. "Gempa guguran satu kali, tapi kecil sekali," kata Kepala Pos Gunung Sawur Suparno kepada Tempo, Senin, 27 Juni 2011.

Aktivitas vulkanik yang terjadi dalam kawah Jonggring Saloka menghasilkan material vulkanik yang menumpuk di tebing-tebing di pinggiran kawah. "Tebing tersebut rapuh dan gampang longsor," katanya.

Material vulkanik tersebut hari ini dilaporkan mengalami longsor hingga getarannya tercatat dalam seismograf. Alat pendeteksinya dipasang di ketinggian 1.000 meter. Ada juga yang dipasang di Gunung Leker.

Lantaran alat pendeteksi gempa tersebut sangat peka, maka getaran akibat longsoran material vulkanik tersebut tercacat dalam seismograf.

Gempa guguran tersebut bukan diakibatkan oleh guguran lava pijar Sehingga bukan lava pijar yang gugur Oleh karena itu, guguran tersebut juga tidak menimbulkan awan panas.

Hingga kini petugas Pos Sawur hanya mengandalkan pada pengamatan seismik saja, menyusul mendung tebal yang menyelimuti Gunung Semeru. Sejak pagi tadi, pengamatan visual terhalangi mendung.

Data seismik yang dihimpun dari Pos Sawur menunjukkan bahwa saat ini tercatat ada 31 kali gempa embusan, tiga kali gempa tektonik, dan satu kali gempa guguran. Sementara itu, dari pengamatan visual, dinyatakan cuaca mendung, gerimis, dan angin tenang. Suhu tercatat 21 derajat Celcius.

Status aktivitas Gunung Semeru hingga saat ini masih di level waspada. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tetap memberlakukan radius empat kilometer dari kawah steril dari aktivitas manusia.

PVMBG melarang keras pendaki untuk menaiki puncak Mahameru yang dikhawatirkan jika ada letusan disertai dengan terlontarnya material vulkanik dari dalam kawah.

Pusat Vulkanologi juga meminta kepada warga yang tinggal di dekat bantaran sungai aliran lahar Gunung Semeru untuk senantiasa waspada. Ketika hujan turun di kawasan kawah Gunung Semeru, warga diminta naik ke atas sungai untuk menghindari lahar dingin Gunung Semeru.

Friday, June 24, 2011

Pendakian Puncak Gunung Elbrus Terkendala Teroris


Tim Airlangga-Semen Gresik Elbrus Expedition (ASGEE) 2011 akhirnya mengubah rencana pendakian ke puncak Gunung Elbrus (5.642 meter di atas permukaan laut) akibat terhalang proses pembersihan teroris lokal di Rusia.

Perubahan diputuskan saat tim bertemu dengan pemandu pendakian dari Alipindustria, Sergey, di Piatigorsk, Rusia. "Jalur yang semula dari utara diubah ke jalur selatan," kata koordinator tim ASGEE Rusia, Evandra, melalui surat elektronik dari Piatigorsk, Rabu (18/5/2011).

Menurut Evandra, perubahan rencana tim pendaki dari Mahasiswa Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, itu terjadi akibat status jalur selatan yang masih ditutup. "Penyebab ditutupnya jalur pendakian itu belum diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan besar karena isu pembersihan teroris lokal seperti yang dilansir media massa setempat. Jadi, kami melakukan perubahan demi keamanan," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tingkat akhir tersebut.

Ia mengatakan, jalur utara dikenal sebagai jalur yang cukup sulit karena pendaki harus berjalan dari titik start hingga puncak. Berbeda dengan jalur selatan yang bisa dilalui dengan bantuan fasilitas yang ada di area taman nasional.

"Senin (16/5/2011), kami mulai melakukan perjalanan ke titik start pendakian di Elbrus Base Camp setelah sebelumnya singgah ke kota kecil terakhir di bagian utara Elbrus, Kislovodsk. Penduduk kota kecil itu hampir tidak ada yang dapat berbahasa Inggris sehingga bahasa isyarat pun akhirnya digunakan oleh tim," katanya.

Perjalanan dari Kislovodsk ke Elbrus Base Camp (2.200 mdpl) menggunakan kendaraan truk offroad 4x4 buatan Rusia. Perkiraan jarak yang ditempuh 160,9 kilometer. "Tetapi, selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan indah nan elok melewati jalan di pegunungan yang curam hingga akhirnya kami sampai di Elbrus Base Camp yang merupakan kompleks tenda yang didirikan di hamparan padang rumput berbatu," ujar Evandra.

Rencana pendakian selanjutnya, tim akan beranjak dari Elbrus Base Camp menuju Emanuel's Glade (2.250 mdpl), lalu ke Tent Camp (3.800 mdpl), dan naik ke Lenz's Rock (4.600 mdpl) untuk melakukan serangkaian program aklimatisasi. "Dari Lenz's Rock, nantinya kami akan melakukan pendakian ke puncak (summit attack) Gunung Elbrus (5.642 mdpl). Kami tetap menjadwalkan untuk dapat melaksanakan upacara bendera di puncak barat, puncak tertinggi Elbrus, tanggal 20 Mei 2011," katanya.

Ia menegaskan bahwa pendakian melalui jalur utara lebih menantang daripada mendaki lewat jalur selatan. Tantangan yang dihadapi oleh tim adalah cuaca yang tidak menentu karena pada hari-hari sebelumnya cuaca buruk melanda.

"Tantangan lain adalah medan curam dan fasilitas yang sangat minim, termasuk akses komunikasi di jalur pendakian utara Elbrus. Itu semua harus dihadapi demi mencapai target pengibaran bendera Merah Putih di puncak Elbrus pada Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2011," kata Evandra.

Namun, Evandra mengatakan, pihaknya tetap optimistis akan dapat melewati segala rintangan dengan tetap memerhatikan standar prosedur pendakian. "Karena segalanya telah kami siapkan untuk mendapatkannya," ucapnya.

Tiga mahasiswa Unair yang berangkat ke Rusia adalah Evandra (23), Yasak (22), dan Miftahul Agusta (21). ( Sumber ; Kompas.com )

Kisah Tragis Pendakian Everest


Puncak Everest merupakan salah satu puncak yang terdapat di pegunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya terdiri dari beberapa puncak. Di antaranya yaitu puncak Cho oyu, puncak Selatan, Hillary step, dll namun yang paling tinggi adalah Everest.
Ekspedisi yang teramat sulit berhasil dialui oleh Jon namun menyisakan kepedihan mendalam dan membuat penulis cukup terguncang. Di puncak Everest dengan ketinggian 29000 kaki, pendaki sering dihadapkan pada masalah kurangnya persediaan oksigen sehingga untuk berpikir jernih pun sangat sulit dilakukan terlebih jika harus mengambil keputusan penting. Zona kematian itu sudah begitu banyak menelan korban.

“…Kebenaran yang paling sederhana adalah aku tahu tahu bahwa aku tidak seharusnya pergi ke Everest, tetapi aku pergi juga. Dan karena itu, aku ikut menjadi penyebab tewasnya orang-orang yang baik, sesuatu yang mungkin mengusik batinku untuk waktu yang sangat lama.
Empat ratus kaki di atasku, di puncak Everest yang masih bermandi cahaya matahari, di bawah naungan langit yang biru, teman-temanku sedang berpesta merayakan keberhasilan mereka menaklukkan puncak planet ini, mengibarkan bendera dan membuat beberapa foto, menghamburkan setiap detik waktu yang sangat berharga. Tidak seorang pun yang pernah mambayangkan bahwa bencana yang menakutkan sedang mengintai. Tidak ada yang menduga, bahwa di penghujung hari itu, setiap detik akan menjadi sangat berarti….”

Jon tidak menghabiskan waktu banyak di puncak everest. Ia segera turun karena memperhitungkan bahwa ia akan kehabisan oksigen jika berlama-lama di puncak. Ia pun sampai di Camp Empat tepat pada waktunya sebelum hari mulai gelap. Sementara rekan-rekannya yang berhasil mencapai puncak belum sampai di Camp Empat padahal hari sudah gelap. Dari lima rekan satu tim yang berhasil sampai puncak everest, empat orang temasuk pemimpin ekspedisi meninggal dunia. Satu orang yang selamat dari kelima orang itu adalah penulis.
Mendaki everest merupakan kegiatan yang sangat berbahaya baik bagi pemula yang dipandu maupun pendaki gunung kaliber dunia yang mendaki bersama rekan-rekan mereka. Para pendaki sewaktu-waktu dapat terkena gigitan salju yang teramat dingin yang memungkinkan sel-sel tubuh yang terkena dapat rusak, membusuk hingga perlu diamputasi. Penyakit yang terkadang ditemui pada pendaki gunung yang amat tinggi dapat berupa penyakit ketinggian HAPE (High Altitude Pulmonary Edema)/membengkaknya paru-paru akibat ketinggian. Penyakit misterius yang mematikan ini kerap , menyerang seorang pendaki yang mendaki terlalu tinggi dan terlalu cepat sehingga paru-paru si pendaki tertutup cairan. Penyebabnya diduga karena kurangnya oksigen, ditambah tingginya tekanan pada pembuluh darah jantung yang menuju paru-paru menyebabkan pembuluh darah tersebut bocor sehingga cairan masuk ke dalam paru-paru. Selain itu yang justru lebih berbahaya adalah HACE (High Altitude Cerebral Edema)/pembengkakan otak akibat ketinggian namun HACE lebih jarang dibanding HAPE. HACE merupakan sejenis penyakit membingungkan dan terjadi jika ada kebocoran pada pembuluh darah otak yang kekurangan oksigen, menyebabkan otak membengkak cepat, dengan hanya sedikit atau bahkan tanpa peringatan sama sekali. Ketika tekanan di dalam rongga otak meningkat, kemampuan motorik dan mental penderita akan menurun dengan drastis - biasanya hanya dalam waktu beberapa jam atau kurang - dan biasanya, si korban tidak sadar akan perubahan yang terjadi. Tahap selanjutnya adalah koma, jika si pasien tidak segera dievakuasi ke ketinggian yang lebih rendah, lalu disusul dengan kematian.

“Dan, mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya, kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.”(ar-Ruum:8)

Tiap jengkal lukisan alam semoga membuat kita makin tunduk pada keperkasaan Sang Pencipta karena pada dasarnya kita yang lemah ini tak akan berdaya dibandingkan keperkasaan alam yang merupakan guratan ayat-ayat kauniyah-Nya. Ada beberapa patah kata dari seorang pendaki Indonesia (Ita Budhi), “Seorang pendaki gunung sejatinya tidak senang menaklukkan pucuk-pucuk tertinggi yang sedang menusuk ke langit tapi ia sedang menaklukkan pucuk-pucuk tertinggi dari egonya sendiri sebagai seorang manusia.

“Dan, di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka, apakah kamu tiada memperhatikan?” (adz-Dzaariyaat:20-21).

Friday, June 17, 2011

Tebing Kelam sintang Lokasi Pemanjatan Strategis


Tebing Kelam memiliki ketinggian 750 Mpdl yang lokasinya berada di Kabupaten Sintang, Kalbar. Tebing Kelam atau yang dikenal dengan Bukit Kelam ini memiliki legenda atau cerita turun-temurun hingga sekarang.
Legenda itu diabadikan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan membuat tugu yang lokasinya terletak di persimpangan jalan protokol di kabupaten itu.
LOkasi Tebing batu ini dapat ditempuh sekitar 8 jam dengan transportasi darat dari dari Kota Pontianak.
Tebing Kelam adalah salah satu dari 7 kekayaan alam Kalbar yang merupakan lokasi strategis untuk para pegiat alam bebas yakni para penghoby panjat tebing karena selain meyajikan pemandangan yang indah, tebing kelam juga menawarkan tantangan bagi para pemanjat, hal ini dikarenakan batu tebing kelam jenis batu semi gramit.
beberapa kelompok pencinta alam, salah satunya anggota wanadri pada tahun 2002 dengan melibatkan kalangan mapala se-kalbar melakukan pemanjatan tebing kelam dan membuat jalur tersendiri pemanjatan dengan memakan waktu sekitar 14 hari.
Apabila ingin melakukan pemanjatan di tebing kelam sintang ini bisa melakukan pemanjatan dari berbagai jalur pemanjatan karena setiap sisi tebing memiliki tantangan yang berbeda.
Selain sebagai lokasi strategis pemanjatan juga lokasi ini menawarkan suasana alam yang menakjubkan karena kita bisa menyaksikan ribuan burung walet yang terbang pada sore hari masuk ke dalam goa dibagian tengah tebing.

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

7 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia


7 puncak tertinggi di Indonesia atau The Seven Summits of Indonesia adalah tujuh puncak gunung paling tinggi di Indonesia. Konsepnya mirip dengan Seven Summits yang merupakan tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua di dunia.

Bedanya, ke-7 gunung ini ada di Indonesia dan merupakan puncak-puncak paling tinggi di 7 pulau dan kepulauan utama Indonesia. Tujuh pulau atau kepulauan utama tersebut adalah Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, kepulauan Maluku, dan kepulauan Nusa Tenggara (Bali dan Nusa Tenggara).

Artikel tentang 7 Puncak Tertinggi di Indonesia atau dikenal dengan julukan The Seven Summits of Indonesia atau Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia.

1. Cartenzs Pyramid Pegunungan Sudirman; Puncak tertinggi di Pulau Papua

Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 m dpl. Puncak Carstenzs yang biasa disebut juga Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Letaknya berada di kordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne. Rute pendakian termudah bisa melalui Ilaga (jalur utara) atau Singa dan Tembagapura (jalur selatan).

2. Gunung Binaiya; Puncak tertinggi di Kepulauan Maluku

Puncak gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiya (Binaia) dengan ketinggian 3.027 m dpl. Dan. Gunung tidak berapi ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Tepatnya pada koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT. Rute pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari desa Kanike.

3.Puncak Rantemario Gunung Latimojong; Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi

Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 m dpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pada koordinat 3° 22′ 54″ LS 120° 1′ 43″ BT. Rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Karangan. Sumber lain menyatakan puncak tertinggi adalah Rantekombola yang berada berdekatan dengan Rantemario.

4. Gunung Bukit Raya; Puncak tertinggi di Pulau Kalimantan

Puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah gunung Kinabalu namun gunung tersebut berada di wilayah Malaysia. Sedang puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 m dpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah pada koordinat 112º 07′ BT dan 00º 24′ LS. Rute pendakian bisa dimulai dari Nanga Popai, Kalimantan Barat.

5. Gunung Rinjani; Puncak tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali

Puncak tertinggi di Bali dan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Gunung berapi ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat pada koordinat 8° 25′ LS 116° 28′ BT. Rute pendakian bisa dimulai dari desa Sembalunlawang.

6. Puncak Mahameru Gunung Semeru; Puncak tertinggi di Pulau Jawa

Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 m dpl. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT. Rute pendakian gunung dapat dimulai dari Desa Ranupane.

7. Puncak Indrapura Gunung Kerinci; Puncak tertinggi di Pulau Sumatera

Puncak Gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 m dpl. Gunung berapi ini Berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi pada lintang 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT. Gunung ini bisa didaki dari rute di desa Kersik Tuo.

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

Sejarah Kelompok Pencinta Alam Indonesia


Di Indonesia, sejarah pendakian gunung dimulai sejak tahun 1623 saat Yan Carstensz
menemukan "Pegunungan sangat tinggi di beberapa tempat tertutup salju" di Papua.
Nama orang Eropa ini kemudian digunakan untuk salah satu gunung di gugusan
Pegunungan Jaya Wijaya yakni Puncak Cartensz. Pada tahun 1786 puncak gunung
tertinggi pertama yang dicapai manusia adalah puncak Mont Blanc (4807 m) di
Prancis. Lalu pada tahun 1852 Puncak Everest setinggi 8840 meter ditemukan. Orang
Nepal menyebutnya Sagarmatha, atau Chomolungma menurut orang Tibet. Puncak Everest
berhasil dicapai manusia pada tahun 1953 melalui kerjasama Sir Edmund Hillary dari
Selandia Baru dan Sherpa Tenzing Norgay yang tergabung dalam suatu ekspedisi
Inggris. Sejak saat itu, pendakian ke atap-atap dunia pun semakin ramai.
Di Indonesia sejarah pecinta alam dimulai dari sebuah perkumpulan yaitu
"Perkumpulan Pentjinta Alam"(PPA). Berdiri 18 Oktober 1953. PPA merupakan
perkumpulan Hobby yang diartikan sebagai suatu kegemaran positif serta suci,terlepas dari 'sifat maniak'yang semata-mata melepaskan nafsunya dalam corak
negatif. Tujuan mereka adalah memperluas serta mempertinggi rasa cinta terhadap
alam seisinya dalam kalangan anggotanya dan masyarakat umumnya. Sayang perkumpulan
ini tak berumur panjang. Penyebabnya antara lain faktor pergolakan politik dan
suasana yang belum terlalu mendukung sehingga akhirnya PPA bubar di akhir tahun
1960. Awibowo adalah pendiri satu perkumpulan pencinta alam pertama di tanah air
mengusulkan istilah pencinta alam karena cinta lebih dalam maknanya daripada
gemar/suka yang mengandung makna eksploitasi belaka, tapi cinta mengandung makna
mengabdi. "Bukankah kita dituntut untuk mengabdi kepada negeri ini?."

Sejarah pencinta alam kampus pada era tahun 1960-an. Pada saat itu kegiatan
politik praktis mahasiswa dibatasi dengan keluarnya SK 028/3/1978 tentang
pembekuan total kegiatan Dewan Mahasiswa dan Senat Mahasiswa yang melahirkan
konsep Normalisasi Kehidupan Kampus (NKK). Gagasan ini mula – mula dikemukakan Soe
Hok Gie pada suatu sore, 8 Nopember 1964, ketika mahasiswa FSUI sedang
beristirahat setelah mengadakan kerjabakti di TMP Kalibata. Sebenarnya gagasan
ini, seperti yang dikemukakan Soe Hok Gie sendiri, diilhami oleh organisasi
pencinta alam yang didirikan oleh beberapa orang mahasiswa FSUI pada tanggal 19
Agustus 1964 di Puncak gunung Pangrango. Organisasi yang bernama Ikatan Pencinta
Alam Mandalawangi itu keanggotaannya tidak terbatas di kalangan mahasiswa saja.
Semua yang berminat dapat menjadi anggota setelah melalui seleksi yang ketat.
Sayangnya organisasi ini mati pada usianya yang kedua. Pada pertemuan kedua yang
diadakan di Unit III bawah gedung FSUI Rawamangun, didepan ruang perpustakaan.
Hadir pada saat itu Herman O. Lantang yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua
Senat Mahasiswa FSUI. Pada saat itu dicetuskan nama organisasi yang akan lahir itu
IMPALA, singkatan dari Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam.

Setelah bertukar pikiran dengan Pembantu Dekan III bidang Mahalum, yaitu Drs.
Bambang Soemadio dan Drs. Moendardjito yang ternyata menaruh minat terhadap
organisasi tersebut dan menyarankan agar mengubah nama IMPALA menjadi MAPALA
PRAJNAPARAMITA. Alasannya nama IMPALA terlalu borjuis. Nama ini diberikan oleh Bpk
Moendardjito. Mapala merupakan singkatan dari Mahasiswa Pencinta Alam. Dan
Prajnaparamita berarti dewi pengetahuan. Selain itu Mapala juga berarti berbuah
atau berhasil. Jadi dengan menggunakan nama ini diharapkan segala sesuatu yang
dilaksanakan oleh anggotanya akan selalu berhasil berkat lindungan dewi
pengetahuan. Ide pencetusan pada saat itu memang didasari dari faktor politis
selain dari hobi individual pengikutnya, dimaksudkan juga untuk mewadahi para
mahasiswa yang sudah muak dengan organisasi mahasiswa lain yang sangat berbau
politik dan perkembangannya mempunyai iklim yang tidak sedap dalam hubungannya
antar organisasi.
Dalam tulisannya di Bara Eka 13 Maret 1966, Soe mengatakan bahwa :

“Tujuan Mapala ini adalah mencoba untuk membangunkan kembali idealisme di kalangan
mahasiswa untuk secara jujur dan benar-benar mencintai alam, tanah air, rakyat dan
almamaternya. Mereka adalah sekelompok mahasiswa yang tidak percaya bahwa
patriotisme dapat ditanamkan hanya melalui slogan-slogan dan jendela-jendela
mobil. Mereka percaya bahwa dengan mengenal rakyat dan tanah air Indonesia secara
menyeluruh, barulah seseorang dapat menjadi patriot-patriot yang baik”
Para mahasiswa itu, diawali dengan berdirinya Mapala Universitas Indonesia,
membuang energi mudanya dengan merambah alam mulai dari lautan sampai ke puncak
gunung. Mapala atau Mahasiswa Pecinta Alam adalah organisasi yang beranggotakan
para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kepedulian dan kecintaan dengan alam
sekitar dan lingkungan hidup. Sejak itulah pecinta alam pun merambah tak hanya
kampus (Kini, hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia memiliki mapala baik di
tingkat universitas maupun fakultas hingga jurusan), melainkan ke sekolah-sekolah,
ke bilik-bilik rumah ibadah, sudut-sudut perkantoran, lorong-lorong atau kampung-
kampung. Seakan-akan semua yang pernah menjejakkan kaki di puncak gunung.

Berita Terkait:
Pewarta Dan Mapala Gelar Pendakian Bersama Tahun Baru 2012
Upacara 17 Agustus Di Puncak Mahameru Akan Digelar
Merah Putih Dikibarkan Di Puncak Elbrust, Rusia Oleh Pendaki Tuna Daksa
Bocah Pendaki Telah Taklukkan 5 Gunung
Pendaki Jepang Tersesat 13 Hari
Pendakian Gunung Merapi Meningkat
Menapaki Puncak Khatulistiwa Untuk Lupus

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia


Tujuh Puncak Utama

Gunung-gunung paling tinggi (di ketujuh benua) di dunia:

* Gunung Everest (8.850 m) (Asia)
* Aconcagua (6.959 m) (Amerika Selatan)
* Gunung McKinley, Denali (6.194 m) (Amerika Utara)
* Kilimanjaro (5.895 m) (Afrika)
* Mont Blanc (4.808 m) atau Mount Elbrus, Kaukasus (5.642 m) (Eropa)
* Vinson Massif (4.897 m) (Antartika)
* Gunung Kosciuszko (2.228 m) (Australia) atau Puncak Jaya, Indonesia (4.884 m) (Oseania)

Ke-14 gunung-gunung yang melebihi 8.000 meter, semuanya di Himalaya:

* Gunung Everest (8.850 m)
* K2 (8.611 m)
* Kangchenjunga (8.586 m)
* Lhotse (8.545 m)
* Makalu (8.462 m)
* Cho Oyu (8.201 m)
* Dhaulagiri (8.167 m)
* Manaslu (8.163 m)
* Nanga Parbat (8.126 m)
* Annapurna (8.091 m)
* Gasherbrum I (8.068 m)[1]
* Puncak Broad (8.047 m)
* Gasherbrum II (8.035 m)
* Shishapangma (8.027 m)

Sejarah Panjat Tebing


I. SEJARAH PANJAT TEBING
Aktivitas panjat tebing sudah dikenal masyarakat sejak lama bahkan masyarakat tradisional, mereka melakukan pemanjatan guna mencari sumber kehidupan ataupun perlindungan, khususnya didaerah pantai dan kawasan karst untuk mencari sarang burung atau sumber mata air. Tetapi mereka tidak memakai system dan prosedur yang baku seperti dalam olahraga panjat tebing sehingga faktor keamanan dan tingkat resiko yang dihadapi sangatlah tinggi.
Panjat tebing pertama kali dikenal di kawasan benua Eropa tepatnya di kawasan pegunungan Alpen sebelum perang Dunia I. Pada awal tahun 1910 dinegara Austria mulai diperkenalkan penggunaan peralatan-peralatan yang digunakan untuk menunjang dalam kegiatan panjat tebing seperti carabiner (cincin kait) dan piton (paku tebing) yang pada saat itu masih terbuat dari besi baja. Dan berawal dari situlah para pendaki dari Austria dan Jerman mulai mengembangkan peralatan dan teknik olah raga ini. Seiring waktu yang terus berjalan peralatan olah raga ini banyak mengalami inovasi, terutama pada bahan pembuatannya, uji kekuatan gaya tariknya, kepraktisan penggunaan alat serta prosedur keamanan alat yang telah distandartkan.
Di Indonesia olahraga panjat tebing sendiri telah terbentuk sejak tahun 1988 yang memiliki organisasi yang pada saat itu bernama FPGTI (Federasi Panjat Gunung Dan Panjat Tebing Indonesia) yang kemudian berganti nama dengan FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) sampai sekarang ini.

II. DEFINISI
Panjat tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45o dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu.
Pada dasarnya olah raga panjat tebing adalah suatu olah raga yang mengutamakan kelenturan, kekuatan / daya tahan tubuh, kecerdikan, kerja sama team serta ketrampilan dan pengalaman setiap individu untuk menyiasati tebing itu sendiri. Dalam menambah ketinggian dengan memanfaatkan cacat batuan maupun rekahan / celah yang terdapat ditebing tersebut serta pemanfaatan peralatan yang efektif dan efisien untuk mencapai puncak pemanjatan
Pada awalnya panjat tebing merupakan olah raga yang bersifat petualangan murni dan sedikit sekali memiliki peraturan yang jelas, seiring dengan berkembangnya olah raga itu sendiri dari waktu kewaktu telah ada bentuk dan standart baku dalam aktifitas dalam panjat tebing yang diikuti oleh penggiat panjat tebing. Banyaknya tuntutan tentang perkembangan olah raga ini memberi alternatif yang lain dari unsur petualangan itu sendiri. Dengan lebih mengedepankan unsur olah raga murni (sport)


III. SISTEM PEMANJATAN
System pemanjatan dibagi menjadi dua :

* Himalayan system
Pemanjatan system Himalayan ini adalah pemanjatan yang dilakukan dengan cara terhubungnya antara titik start (ground) dengan pitch / terminal terakhir pemanjatan, hubungan antara titik start dengan pitch adalah menggunakan tali transport, dimana tali tersebut adalah berfungsi supaya hubungan antara team pemanjat dengan team yang dibawah dapat terus berlangsung tali transport ini berfungsi juga sebagai lintasan pergantian team pemanjat juga sebagai jlur suplai peralatan ataupun yang lainnya

* Alpen system
Lain halnya dengan system diatas, jadi antara titik start dengan pitch terakhir sama sekali tidak terhubung dengan tali transpot, sehingga jalur pemanjatan adalah sebagai jalur perjalanan yang tidak akan dilewati kembali oleh team yang dibawah. Maka pemanjatan dengan system ini benar-benar harus matang perencanaanya karena semua kebutuhan yang mendukung dalam pemanjatan tersubut harus dibawa pada saat itu juga.

Dilihat dari bentuk penggunaan peralatan panjat tebing terbagi menjadi 2 kelompok besar :
* Artificial climbing :
Merupakan pemanjatan yang mana didalam pergerakannya sepenuhnya didukung oleh alat dan pemanjat tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan alat tersebut. Peralatan selain sebagai pengaman juga sebagai tumpuan untuk menambah ketinggian dalam melakukan pemanjatan tersebut. Perlu diingat bahwasannya untuk dapat bergerak cepat dan aman dalam melakukan pemanjatan bukan disebabkan karena adanya peralatan yang super modern melainkan lebih diutamakan pada penggunaan teknik yang baik.
* Free climbing :
Adalah pemenajatn yang mengunakan alat hanya semata-mata untuk menambah ketinggian dan alat berfungsi sebagai pengaman saja tetapi tidak mempengaruhi gerak dari pemanjat. Walaupun dalam pemanjatan tipe ini pemanjat diamankan oleh seorang belayer namun pengaman yang baik adalah diri sendiri.
Sednangkan untuk pengembangan dari jenis pemanjatan free climbing itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu :
- Top rope : pemanjatan dimana tali pemanjatan sudah terpasang sebelumnya
- Solo : pemanjatan yang dilakukan seorang diri dengan merangkap fungsi sebagai Leade, Cleaner dan Belayer.
Sedangkan solo sendiri juga dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
a. Solo artificial climbing
b. Solo free climbing

IV. TEKNIK DASAR PANJAT TEBING
Seorang pemanjat harus bisa memahami tebing yang akan dipanjat, bagaimana kontur tebing tersebut, apa saja peralatan yang nantinya akan dipergunakan, dan kalau bisa tahu secara detail bagaimana bentuk pegangan dan celah-celah yang ada pada tebing tersebut yang paling utama pemanjat harus bisa menentukan jalur pemanjatan, cara pemasangan dan penggunaan peralatan yang benar, hal itu akan menjadi safety standart prosedur dalam pemanjatan sehingga menjadi support tambahan bagi kesuksesan dalam melakukan pemanjatan.
Teknik pemanjatan dikelompokkan sesuai bagian dengan tebing yang dimanfaatkan untuk memperoleh gaya tumpuan dan pegangan, yaitu :
a. Face Climbing
Yaitu memanjat pada permukaan tebing dimana masih terdapat tonjolan atau rongga yang memadai sebagai pijakan kaki maupun pegangan tangan
b. Friction / Slab Climbing
Teknik ini hanya mengandalkan gaya gesekan sebagai gaya penumpu
c. Fissure Climbing
Teknik ini memanfaatkan celah yang digunakan oleh anggota badan yang seolah-olah berfungsi sebagai pasak

Dengan cara demikian dan beberapa pengembangan, dikenal teknik-teknik berikut ;
a. Jamming
Teknik memanjat dengan memanfaatkan celah yang tidak begitu lebar. Jari-jari tangan, kaki atau tangan dapat dimasukkan / diselipkan pada celah sehingga seolah-olah menyerupai pasak
b. Chimneying
Teknik memanjat celah vertical yang cukup besar. Badan masuk diantara celah dan punggung menempel disalah satu sisi tebing. Sebelah kaki menempel pada sisi tebing depan, dan sebelah lagi menempel ke sisi tebing belakang. Kedua tangan diletakkan menempel pula dan membantu mendorong serta membantu menahan berat badan.
c. Bridging
Teknik memanjat pada celah vertikal yang lebih besar (gullies). Caranya dengan menggunakan kedua tangan dan kaki sebagai pegangan pada kedua celah tersebut. Posisi badan mengangkang kaki sebagai tumpuan dibantu juga tangan sebagai penjaga keseimbangan.
d. Lay back
Teknik memanjat pada celah vertical dengan menggunakan tangan dan kaki. Pada teknik ini jari tangan mengait tepi celah tersebut dengan punggung miring sedemikian rupa untuk menempatkan kedua kaki mendorong kedepan dan kemudian bergerak naik silih berganti.
e. Hand traverse
Teknik memanjat pada tebing dengan gerak menyamping (horizontal). Hal ini dilakukan bila pegangan yang ideal sangat minim dan untuk memanjat vertukal sudah tidak memungkinkan lagi. Teknik ini sangat rawan, dan banyak memakan tenaga karena seluruh berat badan tertumpu pada tangan, sedapat mungkin pegangan tangan dibantu dengan pijakan kaki (ujung kaki) agar berat badan dapat terbagi lebih rata.
f. Mantelself
Teknik memanjat tonjolan-tonjolan (teras-teras kecil) yang letaknya agak tinggi namun cukup besar untuk diandalkan untuk tempat brdiri selanjutnya. Kedua tangan dgunakan untuk menarik berat badan dibantu dengan pergerakan kaki. Bila tonjolan-tonjolan tersebut setinggi paha atau dada maka posisi tangan berubah dari menarik menjadi menekan untuk mengngkat berat badan yang dibantu dengan dorongan kaki.
Sebagaimana panjat tebing ialah memanfaatkan cacat batuan untuk menambah ketinggian sehingga seorang pemanjat dituntut berani, teliti dan terampil juga dalam kemampuan berfikir yang tepat dalam bertindak dengan keadaan yang terbatas untuk membuat keputusan menyiasati dan memecahkan permasalahan yang dihadapi secara tepat, cepat dan aman.

V. PROSEDUR PEMANJATAN
Tahapan-tahapan dalam pemanjatan hendaknya dimulai dari langkah-langkh sebagai berikut :
a. mengamati lintasan dan memikirkan teknik yang akan dicapai.
b. Menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan
c. Untuk Leader, perlengkapan teknis diatur sedemikian rupa agar mudah untuk diambil / memilih dan tidak mengganggu gerakan. Tugas dari Leader sendiri adalah membuat lintasan yang akan dilaluinya dan pemanjat berikutnya.
d. Untuk Belayer, memasang ancor dan merapikan alat-alat. Tugasnya adalah membantu Leader baik dengan aba-aba maupun dengan tali yang dipakai Leader, Belayer juga bertugas mengamankan Belayer dari resiko jatuh atau yang lainnya, dengan langkah awal yaitu meneliti penganman yang dipakai Leader.
e. Bila belayer dan Leader telah siap melakukan pemanjatan, segera memberi aba-aba pemanjatan
f. Bila Leader sampai ketinggian 1 pitch (tali habis) ian harus memasang ancor.
g. Leader yang sudah memasang ancor diatas, selanjutnya berfungsi sebagai Belayer untuk mengamankan pemenjat berikutnya.